Ragam Kuliner Khas Kalimantan Tengah Yang Wajib Dicoba

Kontribusi dari Rikah Mustika, 21 Mei 2018 11:53, Dibaca 2,581 kali.


Kalimantan Tengah merupakan Provinsi terbesar kedua setelah Papua, yang didominasi oleh penduduk Dayak, Jawa dan juga Banjar. Selain memiliki potensi alam yang indah, yang bisa dijadikan destinasi wisata, Kalimantan Tengah juga memiliki potensi wisata kuliner yang bisa dikenalkan hingga pelosok dunia. Berikut adalah beberapa daftar makanan khas Kalimantan Tengah:

1.     Juhu Ubut Rotan

(Baca Juga : Inovasi Meraih Sukses)

Umbut Rotan atau dikenal uwut nang’e adalah kuliner suku Dayak yang berbahan dasar rotan muda. Rotan tersebut dibersihkan kemudian dibuang kulitnya dan dipotong dalam ukuran kecil. Umbut Rotan dimasak bersama dengan ikan baung, bumbu, dan terong asam. Rasa yang gurih, asam, dan sedikit pahit, yang dipadukan dengan manisnya daging ikan menjadi ciri khas dari kuliner ini.

 

2.     Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit merupakan makanan terpopuler yang paling banyak dicari oleh para pecinta kuliner yang datang ke Kalimantan Tengah. Makanan ini menjadi kuliner terfavorit dan wajib dihidangkan dalam acara-acara besar seperti syukuran karena rasanya yang gurih, nikmat, dan juga sangat lezat.

 

3.     Kalumpe / Karuang

Kalumpe  / Karuang yaitu sayuran yang terbuat dari daun singkong yang telah ditumbuk hingga halus. Istilah Kalumpe digunakan dalam bahasa Dayak Maanyan, sedangkan Karuang digunakan dalam bahasa Dayak Ngaju. Kalumpe diolah dengan cara menumbuk daun singkong hingga halus yang dicampur dengan terong kecil atau terong pipit, ditambah dengan bumbu bawang merah, bawang putih, serai, dan lengkuas yang sudah dihaluskan. Umumnya kuliner ini disajikan bersama dengan sambal terasi.

 

4.     Wadi

Wadi merupakan makanan yang berbahan dasar ikan atau terkadang menggunakan daging babi. Cara membuatnya yaitu dengan terlebih dahulu membersihkan ikan atau daging, kemudian direndam selama 5-10 jam dalam air garam. Lalu daging atau ikan tersebut diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah kering, ikan atau daging tersebut dicampur dengan Sa’mu hingga rata dan disimpan dalam wadah yang kedap udara dan tertutup rapat. Simpan selama 3-5 hari untuk ikan dan seminggu lebih untuk daging. Sebelum disantap, wadi harus digoreng atau dimasak terlebih dahulu.

 

5.     Bangamat / Paing (kalong)

Bangamat yaitu makanan yang terbuat dari kelelawar besar / kalong. Cara pembuatannya, Paing (Kalong) yang ingin dimasak harus dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk, dan punggung, serta ususnya. Selanjutnya sayap, bulu dan dagingnya dimasak. Umumnya orang Dayak Ngaju memasak Paing dengan bumbu yang lebih banyak, sedangkan orang Dayak Maanyan memasak Paing dengan bumbu serai dan juga daun pikauk. Paing dimasak bersama sayur hati batang pisang kipas yang dipotong-potong atau bisa juga dimasak dengan sulur keladi.

 

Itulah beberapa daftar makanan khas Kalimantan Tengah. Bagi yang ingin mencoba, silahkan datang langsung ke Kalimantan Tengah atau yang dikenal dengan Bumi Tambun Bungai. Dijamin rasanya lezat dan bikin ketagihan. (Foto : Net)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook