Danau Biru Dimanfaatkan untuk Wisata di Kabupaten Murung Raya

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 08 Mei 2018 10:35, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Danau biru ini terletak di Jalan Muara untu, Desa Muara jaan, Kecamatan Murung.Hanya butuh waktu kurang dari 15 menit dari pusat kota Murung Raya.Selasa(8/5)

Asal mula danau ini terbentuk bukanlah terbentuk secara alami, melainkan karena adanya bekas-bekas aktivitas pertambangan emas yang ditinggalkan. Yang kemudian bekas galian tambang itu mulai dipenuhi dengan air, dan akhirnya menjadi danau yang cantik.

(Baca Juga : Ritual Tiwah Massal Desa Sigi)

Kisah dibalik Danau Biru ini tidak terlepas dari kisah masa lalu Kab.Murung Raya yang dikenal sebagai daerah penghasil emas. Penambangan emas sudah dilakukan sejak tahun 1987, setelah dieksploitasi habis-habisan tentu saja kandungannya berkurang dan kini tempat ini pun ditinggalkan begitu saja.

Sebelum akhirnya tempat ini dipenuhi dengan air dan berubah menjadi danau biru yang cantik Warna airnya yang biru terlihat sangat kontras berdampingan dengan batuan dan pasirnya yang putih.

Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi, Danau Biru bisa menjadi tempat yang pas untuk kalian datangi. Kalian yang gemar foto bersama teman untuk sekedar menambah koleksi album di Instagram pun harus coba datang ke Danau Biru. Danau dengan pemandangan yang menakjubkan mata ini selalu cantik untuk difoto. (MC_Murung Raya/selvin/Taufiq/Rafik/Nino)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook