Aksi Bersih Sapta Pesona Bukit Batu

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 31 Oktober 2017 08:00, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng-Kasongan – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah sekali lagi mengadakan Aksi Bersih Sapta Pesona yang mana kali ini berlokasi di obyek wisata Bukit Batu, Kabupaten Katingan, Selasa (31/10/2017) pagi. Aksi serupa sebelumnya dilaksanakan di obyek wisata Batu Banama, Tangkiling, tanggal 8 Agustus 2017 yang lalu.

Aksi Bersih ini dihadiri oleh Camat Katingan Hilir, Kapolsek Katingan Hilir, Pokja Sadar Wisata dan diikuti oleh 200 orang peserta dari tingkat pelajar, karang taruna, tokoh adat, tokoh masyarakat, TNI/POLRI dan juga aparatur SKPD terkait.

(Baca Juga : Begoyap Night Market, Wisata Baru di Kobar)

Acara ini diawali dengan sambutan oleh ketua panitia dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Katingan, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Tirta, S.Sos selaku Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam sambutannya, Kepala Disbudparpora Kabupaten Katingan menyatakan bahwa Bukit Batu merupakan salah satu obyek wisata andalan Kalimantan Tengah yang berada di Kabupaten Katingan dan memiliki lokasi sangat strategis di lintas jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan kota Palangka Raya dan Kabupaten Kasongan. Selain lokasinya yang strategis, Bukit Batu utamanya juga merupakan obyek wisata sejarah tempat pertapaan Tjilik Riwut, Gubernur Kalimantan Tengah pertama dan juga pahlawan nasional. Selain itu, lanjutnya, kawasan wisata Bukit Batu pada Agustus lalu telah dinyatakan sebagai Kampung Merah Putih oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah sebagai bentuk nasionalisme perayaan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia. Hal ini menambah keistimewaan obyek wisata Bukit Batu.

Penyerahan alat-alat kebersihan dan penanaman bibit pohon guna mendukung pelestarian lingkungan dan kebersihan obyek wisata Bukit Batu kemudian dilakukan bersama-sama dengan Kepala Disbudparpora Kabupaten Katingan, Camat Katingan Hilir dan Kapolsek Katingan Hilir kepada masyarakat sekitar. Acara dilanjutkan dengan kegiatan membersihkan lingkungan kawasan obyek wisata Bukit Batu oleh para peserta yang hadir.

Aksi Bersih Sapta Pesona tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keberadaan obyek wisata Bukit Batu. Kebersihan lingkungan obyek wisata sangat memerlukan peran masyarakat setempat. Masyarakat diharapkan berperan aktif untuk mengupayakan unsur-unsur Sapta Pesona dalam mendukung berkembangnya iklim kepariwisataan yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.  (Anne – Foto: Disbudpar Prov. Kalteng)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook