Kepala BRG Resmikan Kapal Wisata dan Guest House di Punggualas

Kontribusi dari Yudistira, 12 April 2019 16:32, Dibaca 601 kali.


MMCKalteng - Katingan - Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Ir. Nazir Foead, M.Sc didampingi Deputi II Kontruksi Operasi dan Pemeliharaan BRG DR. Alue Dohong ,  Bupati Katingan, Sakariyas, S.E, serta Gubernur Kalimantan Tengah yang diwaliki oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, Yuas Elko S.Sos resmikan Kapal wisata. Kapal bantuan dari BRG ini digunakan menuju Punggualas, Taman Nasional (TN) Sebangau (11/4).

Kapal wisata ini dapat mengangkut 30 orang penumpang dan rencananya akan melayani rute perjalanan dari dermaga yang terletak di Desa Kereng Pakahi menuju dermaga Desa Tumbang Bulan sebagai tujuan akhiri. Perjalanan dari Desa Kereng Pakahi menuju dermaga Desa Tumbang Bulan akan ditempuh dalam waktu 8 jam dan singgah di Desa Karuing.

(Baca Juga : Pemda Mura Resmikan Mura Expo 2018)

Seusai peresmian, kapal wisata tersebut langsung difungsikan menuju Punggualas yang terletak di Desa Karuing, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Namun, sebelum sampai ke kawasan itu, rombongan harus transit menggunakan kapal kecil (ces/klotok).

 


Selain kapal wisata, BRG juga memberikan bantuan berupa guest house yang berada di Punggualas, kawasan TN Sebangau. Guest house dapat menampung hingga 10 orang tamu.  Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Katingan, Sakariyas dan Kepala BRG RI, Nazir Foead. Ditandai dengan pemotongan pita menuju guest house berikut menarik papan plang bertuliskan, “Bantuan Badan Restorasi Gambut Guest House Talali”. Sebelumnya, mereka lebih dulu menjalani prosesi adat potong pantan. Yaitu dilakukan secara bergantian oleh Sakariyas, Nazir, Staf Ahli Gubenur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Yuas Elko, Kepala Taman Nasional Sebangau Andi Muhammad Khadafi, Deputi Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan BRG, Alue Dohong. Setelah peresmian, mereka menyempatkan untuk mengecek kondisi guest house tersebut. 

Kepala BRG RI, Nazir Foead menyatakan pemberian bantuan ini merupakan Rewetting dan Revitalisasi Ekonomi sebagai Upaya Restorasi Gambut Jangka Panjang di TN Sebangau. Pelaksanaan kegiatan revitalisasi ekonomi secara umum dengan metode pemberian bantuan kepada Kelompok Masyarakat atas perannya dalam menjaga Iahan gambut. Revitalisasi ekonomi masyarakat difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di dalam atau di sekitar ekosistem gambut. Bantuan ini diharapkan dapat memastikan keberhasilan restorasi jangka panjang dengan mengikutsertakan masyarakat untuk menjaga dan merawat infrastruktur pembasahan gambut yang telah dibangun.

Bupati Katingan, Sakariyas menuturkan rasa terima kasih bagi BRG yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat Katingan, khususnya desa Jahanjang, desa Karuing dan desa Tumbang Bulan yang mendapat dampak secara langsung. “Saya berpesan bagi masyarakat agar terus menjaga fasilitas yang telah diberikan ini agar nantinya menjadi penggerak roda ekonomi serta berpesan bagi anak-anak di desa agar wajib dapat berbahasa Inggris. Hal ini sangat membantu karena tamu yang datang nantinya bukan hanya dari dalam negeri, tamu mancanegara pun tentu akan sangat ingin ke tempat yang memiliki suasana alami seperti di Punggualas ini.”


 

Seusai peresmian, rombongan bergerak menuju Pusat Informasi Riset dan Pariwisata Alam (PIRPA) Punggualas. Di situ, dilakukan penandatangan Surat Perjanjian Kerja Sama Swakelola (SPK) Pemberian Bantuan Paket Revitalisasi Ekonomi (penambahan) Guest House dan Kapal Wisata 2019. (Yds/Foto:Asef)

Yudistira

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook