Warga Miri Minta Bantuan Penataan Pasar

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 30 April 2018 07:37, Dibaca 879 kali.


RESES PERSEORANGAN

PALANGKA RAYA-Masyarakat Desa Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu (Kahut), Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalteng mengharapkan bantuan Pemprov Kalteng melalui dinas/instasi terkait untuk melakukan penataan kawasan pasar di wilayah tersebut.

(Baca Juga : Pengembangan Pertanian di Mentaya Seberang Kurang Mendapat Perhatian)

Permintaan tersebut disampaikan masyarakat secara langsung kepada anggota DPRD Kalteng H Mh Rizal, saat melaksanakan reses perseorangan ke kecamatan tersebut, beberapa waktu lalu.

“Kemajuan perdagangan desa turut menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat desa. Situasi transaksi perdagangan berbagai komoditas hasil produksi desaan mencerminkan potensi putaran uang di desa. Namun harus diimbangi dengan penataan seperti pada saat saya melaksanakan reses ke wilayah Tumbang Miri di mana masyarakat di sana mengharapkan adanya bantuan untuk penataan pasar desa,” kata Rizal saat dihubungi media ini, Mingggu (29/4).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng I yang meliputi Kabupaten Katingan, Gumas dan Kota Palangka Raya ini mengatakan, untuk penataan atau biasa disebut revitalisasi, Presiden Republik Indonesia (RI) pun menginginkan adanya revitalisasi pasar Nawacita di seluruh wilayah Indonesia, sebagaimana tertuang dalam RPJMN tahun anggaran 2015-2019, yaitu sebanyak 5.000 pasar yang didukung oleh pemberdayaan secara terpadu.

Kemudian penyaluran dana revitalisasi pasar sendiri, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Tugas Pembantuan (TP).

“Tidak hanya masyarakat Tumbang Miri, Presiden Jokowi pun sangat mengharapkan revitalisasi pasar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan banyak orang dan mengerakkan ekonomi daerah, dan dalam hal ini, masyarakat Tumbang Miri sangat mengharapkan adanya perhatian dari pihak Pemerintah,” tambah Rizal.

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menyampaikan, selain berharap bantuan penataan kawasan pasar di Tumbang Miri, masyarakat setempat juga berharap adanya penambahan guru agama di setiap tingkatan, baik itu tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pasalnya hingga saat ini di Desa Tumbang Miri masih kekurangan guru agama khususnya guru agama Islam.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook