Tampil Ditaman Ismail Marzuki Divisi Pemasyarakatan Kalteng Wakili Pulau Kalimantan Dalam Indonesian Prisons Art Festival

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 April 2018 23:19, Dibaca 733 kali.


Jakarta- Atas keberhasilan Stan Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah pada ajang Pameran Produk Unggulan Narapidana Tahun 2018 dalam kategori sebagai peraih juara pertama pada ajang lomba produk souveneir hotel yang diprakarsai oleh manajemen hotel accord Indonesia pada awal April 2018 yang lalu di Kementerian Perindustrian RI mendapat kehormatan kembali yakni dipanggilnya sebagai utusan dari pulau Kalimantan dalam ajang Indonesian Prisons Art Festival (IPA FEST) di Taman Ismail Marzuki Jakarta 24-27 April 2018 dalam rangka rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 54 Tahun 2018, ungkap Anthonius Mathius Ayorbaba Kepala Divisi Pemasyarakatan, selasa (24/04).

Dalam keterangannya, Indonesian Prisons Art Festival (IPA FEST) merupakan festival kesenian yang dilakukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai bakat serta keahlian yang menjalani masa hukuman didalam Lapas/Rutan. Selain menunjang kegiatan pembinaan kemandirian dalam Lapas/Rutan, melalui pelaksanaan IPA FEST ini narapidana/tahanan diharapkan bisa menhekspresikan diri dan mengeksplore semua bakat yang dimiliki ke khalayak luas, bahwa mereka mampu dan bisa melakukannya walaupun terbatas akan bergerak didalam Lapas/Rutan.

(Baca Juga : Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas III Kasongan Tidak Berhenti Berkarya)

Dikatakannya, bahwa dalam IPA FEST ini Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng telah mengirimkan duta terbaiknya yakni napi dari Lapas Kelas II B Pangkalan Bun yang terdiri dari Tompo sang pembuat ukiran serta Mandau, juga Wisnu yang merupakan pelukis ulung yang sudah melukis Presiden Jokowi, Menteri Hukum dan HAM RI serta Gubernur Kalimantan Tengah dan pejabat tinggi lainnya. Disamping itu juga Lapas Pangkalan Bun mengirimkan tim tarinya WBP yang akan tampil dengan tarian khas dayak dengan menggunakan pakaian adat kebesaran orang dayak Kalimantan Tengah.

Sementara dari Rutan Kelas II A Palangka Raya kembali mengirimkan 2 orang napinya yakni Abdurrahman dan Akhmad Destian yang mempunyai keahlian diseni kerajinan getah nyatu yang mana dari hasil kerajinan design mereka bisa meraih juara pertama lomba souvenir hotel pada ajang pameran produk unggulan narapidana se-Indonesia awal April yang lalu.

Harapannya, semoga dengan memberikan penampilan terbaik pada pagelaran IPA FEST ini kembali bisa membawa nama harum daerah Kalimantan Tengah dikancah nasional, yang mana secara tidak langsung kita juga sebagai ajang promosi budaya Kalimantan Tengah tentang seni dan budayanya yang selalu menjunjung tinggi kearifan daerahnya, ungkap Anthon Kepala Divisi Pemasyaratan didampingi Kabid Keamanan Arief Gunawan, Kepala Lapas Pangkalan Bun Kusnan, Kepala Rutan Palangka Raya Akhmad Zaenal Fikri, Kepala LPKN Kasongan Sudriman Jaya dan Kepala Rupbasan Palangka Raya Muhammad Rizal Fuadi sebagai tim dari IPA FEST Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook