120 Orang Peserta Ikuti Latihan Dasar Cpns Kemenkumham Kalteng Gelombang I Tahun 2018

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 April 2018 13:50, Dibaca 1,975 kali.


Palangka Raya - Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Golongan II Gelombang Pertama Tahun 2018 dilaksanakan  di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Ais Nasution Palangka Raya, Senin (23/04).

Selama 133 hari lamanya,  120 orang peserta yang merupakan Penjaga Tahanan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng ini kita godok untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, berkarakter dan menjadi pelayan masyarakat yang baik ungkap, Sri Widanarni Kepala BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Perluas Jaringan Informasi MoU Dengan Diskominfo Prov. Kalteng.)

Dikatakannya, Tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta Latsar selama penyelenggaraan pelatihan adalah: hadir tepat waktu,  mengikuti kegiatan pembelajaran tidak kurang dari 95 persen (5 sesi dari 97 sesi pembelajaran) yang keseluruhan sesi pembelajaran dilaksanakan di tempat Pelatihan; menghormati tenaga pengajar, penyelenggara, dan sesama peserta pelatihan lainnya; menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh penceramah, pengajar, dan penyelenggara Pelatihan; berpakaian sopan, dan berperilaku peduli dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan Pelatihan. Dan apabila ada peserta secara berturut-turut tidak hadir selama 3 hari maka secara otomatis peserta Latsar tersebut akan kita gugurkan/tidak lulus.

Sesuai dengan Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan dalam pasal 65 ayat (1) bahwa salah satu syarat PNS adalah harus lulus pendidikan dan pelatihan. Bukti dari kelulusan tersebut adalah Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), yang diperoleh apabila peserta telah menyelesaikan kedua kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang dan yang telah menyelesaikan seluruh program (kurikulum pembentukan karakter PNS dan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas. 

Sementara, Yoseph Kepala Kantor Wilayah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah serta BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah yang telah merespon dengan baik sehingga Latsar ini terlaksana sesuai dengan jadwal yang kita harapkan. Begitu juga halnya kepada para 120 CPNS yang mengikuti seleksi Latsar Gelombang Pertama yang menurutnya ini merupakan seleksi tahapan terakhir untuk dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI di lingkup Kantor Wilayah Kalimantan Tengah.

Dalam arahannya Kakanwil mengingatkan kepada seluruh peserta Latsar bahwa kalian adalah putera-puteri terbaik Kalimantan Tengah bagian dari 17.528 yang terpilih dan lulus menjadi CPNS Kemenkumham RI dengan menyisihkan 1,6 juta pelamar pada penerimaan tahun 2017 lalu. Dimana Seleksi Penerimaan CPNS Kemenkumham yang bersih dan transfaran mendapatkan penghargaan dari Menpan RB dan sebagai pilot project/percontohan bagi Kementerian/Lembaga lainnya.

Sebagai generasi terbaik janganlah kalian berhenti dalam memberikan prestasi yang terbaik bagi organisasi dan yang lebih penting adalah jauhi narkoba.

Sebagai penjaga tahanan tentulah dalam tugas sehari-harinya kalian berhadapan langsung dengan tahanan/napi yang terlibat kasus narkoba. Dikatakannya juga sudah banyak Kepala Lapas/Rutan yang dicopot dari jabatannya serta diproses hukum karena terlibat kasus narkoba.  Oleh karena itu, Kakanwil berpesan agar CPNS Kemenkumham dalam menjalankan tugasnya harus hati-hati, jangan tergiur atas iming-iming uang yang diberikan, milikilah intergitas serta perkuat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga terbebas dari hal hal yang bisa menjerumuskan kalian kedalam hal yang melanggar hukum.

Kakanwil juga memberikan saran kepada 120 CPNS yang mengikuti Latsar  agar bisa menjadi orang yang sukses. Untuk mencapai sukses tersebut dikatakannya kita harus miliki 3 hal yakni Skill (Kemampuan/Keterampilan), Knowledge (pengetahuan) dan Attitude (sikap/perilaku). Dengan dasar disiplin disegala hal serta jangan pernah kendor dalam mengisi jam kerja. Jadilah generasi terbaik yang memberikan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta kepada daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam sambutannya yang diwakili oleh H. Nurul Edi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kanwil Kemenkumham Kalteng kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah untuk melaksanakan Pelatihan Dasar CPNS Kemenkumham Gelombang pertama Tahun 2018 di BPSDM milik Pemerintah daerah ini. Menurutnya Latsar CPNS merupakan diklat pola baru pengganti Diklat Prajabatan yang  merupakan kegiatan pembekalan awal CPNS untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. tujuan diadakannya Latsar CPNS ini untuk membentuk PNS profesional yang dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin PNS, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan menguasai kompetensi teknis bidang tugas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat

Harapannya dari kegiatan ini, para peserta mampu mengimplementasi dan mengaktualisasikan ilmu yang didapat dari para instruktur dan widyaiswara sehingga selain merasakan manfaatnya juga bisa menerapkannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuia dengan tujuan dan program Pemerintah daerah yakni menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook