Koordinasi Sinergitas Stakeholder Pengembangan Perpustakaan Berkelanjutan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 26 Oktober 2017 21:21, Dibaca 1,119 kali.


MMC Kalteng - PERPUSTAKAAN - Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sinergitas Stakeholder Pengembangan Perpustakaan Berkelanjutan di Aula Rapat Bappedalitbang, Kamis (26/10/2017). Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Drs. Yuel Tanggara, mewakili Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, secara resmi membuka acara ini. Tujuan diadakan Rapat Koordinasi ini yaitu agar bisa memanfaatkan waktu untuk terus bergerak mencari ilmu sehingga Kalimantan Tengah tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Perpuseru merupakan program pengembangan perpustakaan yang didukung oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Mellinda Gates Foundation yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi agar dapat meningkatkan kualitas hidup. Agus Munawar, Program Advocacy dan Partnership Perpuseru mengatakan bahwa sudah ada 4 perpusatakaan di Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah. Sasaran program pengembangan ini yaitu kelompok perempuan, kelompok pemuda, dan pelaku usaha kecil. Tim Sinergi Provinsi Kalimantan Tengah terdiri dari Sekretaris Daerah selaku pengarah/penasihat dan anggota yang berasal dari 6 Dinas, 1 perguruan tinggi, dan 1 komunitas.  Tim ini merupakan pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan SDM melalui transformasi perpustakaan di tingkat Provinsi, Kabupaten hingga Desa.

(Baca Juga : Satu Konselor Hebat Bisa Membuat 1000 Orang Hebat)

Tujuan dibentuknya tim ini adalah untuk mendorong kebijakan penganggaran dan infrastruktur, memberikan dukungan jejaring, dan mendorong perluasan pengembangan perpustakaan Kabupaten dan Desa sebagai pusat belajar masyarakat. Dengan dibentuknya tim ini diharapkan adanya dukungan konkrit dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam upaya pengembangan perpustakaan di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota/Desa dan Kelurahan, adanya dukungan dari sektor swasta, BUMN/BUMD, dan perguruan tinggi dalam mendukung pengembangan perpustakaan, adanya MoU antara para Multi Stakeholder, serta terbangunnya komitmen dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk menginisiasi terbentuknya tim sinergi tingkat Kabupaten/Kota.

(Rikah - Foto : Rikah )

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook