Terus Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Lakukan 34 Kerja Sama Kemitraan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 Februari 2020 18:18, Dibaca 231 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Salah satu Indikator kemajuan suatu daerah, dapat dilihat dari banyaknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
Peningkatan kualitas SDM harus ditunjang dengan program-program strategis dari Pemerintah, baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah melakukan kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Non Pemerintah, salah satunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat secara luas.

(Baca Juga : 12 Penghafal Juz `Amma Terima Penghargaan)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah Dra. Susana Ria Aden mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat umum, tidak hanya terbatas pada pelajar dan mahasiswa.

“Program ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat umum , jadi bukan hanya pelajar dan mahasiswa, tapi semua masyarakat agar mereka gemar membaca,” ucap Ria, Rabu (19/2/2020) di Palangka Raya.


Ria menambahkan, program ini diharapkan dapat melibatkan keluarga, sebagai langkah awal untuk pendidikan membaca sejak dini dalam lingkungan keluarga.
“Jadi kami berusaha supaya gemar membaca itu mulai dari keluarga, jadi melibatkan keluarga, melibatkan anak-anaknya sejak kecil dari usia dini,” imbuhnya.

Pihaknya juga melaksanakan kegiatan Story Telling dengan mengundang anak-anak dari Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar ke Perpustakaan, dalam rangka untuk mengenalkan Perpustakaan dan meningkatakan minat baca sejak dini.

“Jadi kami melaksanakan program story telling, mengundang anak-anak tk, anak-anak sd ke perpustakaan, supaya mereka mengenal perpustakaan itu sejak dini, mengenal buku, jadi untuk meningkatkan minat baca supaya sumber daya manusia kita unggul dengan membaca,” tuturnya.

Berdasarkan data dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, telah dilakukan 34 kerja sama kemitraan diantaranya dengan :


Rumah Sakit Kalawa Atei Kalteng, Desa Habaring Hurung Kalteng, Kelompok Tani Harapan Jaya Kalampangan, Panti Asuhan Sosial Ayah Bunda Kalteng, TPS Akhir Jl. Tjilik Riwut KM. 14 Palangka Raya, Rumah Tahanan Negara Kelas II A (Rutan) Palangka Raya, Pusat Rehabilitasi Narkoba Yayasan Galilea.

SMK Budi Mulya Kalteng, Panti Sosial Karya Wanita, Desa Sidomulyo Kalteng, Panti Sosial Bina Remaja Prov. Kalteng, Kepolisian Perairan dan Udara Polda Kalteng, Gereja AGAPE Kalteng, PIGPDI Filadelfia Palangka Raya, Desa Sabaru, Sekolah Alkitab Palangka Raya Marang Bukit Batu, Sasana Karya Panti Asuhan Pendohop Tangkiling, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA.

Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya, Dinas PMD Prov. Kalteng, SMK Negeri 2 Katingan Hilir, Kementerian Hak dan Asasi Manusia RI Kalteng, PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Palangka Raya, Taman Baca Masyarakat Luthfillah, PKK, Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Palangka Raya.

Gereja Protestan Injil Nusantara, Poltekes Kemenkes Palangka Raya, Generasi Baru Indonesia Palangka Raya, SMK Negeri 2 Palangka Raya, SMK YPSEI Palangka Raya, EUROWEEK, serta BPSDM Prov. Kalteng.

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook