Antisipasi Covid-19, WBP Perempuan Lapas Muara Teweh Buat Masker Kain

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 28 Juni 2020 16:13, Dibaca 287 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Pandemi Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 masih tak kunjung mereda, hal ini membuat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh berinisiatif membuat masker kain, Minggu (28/6/2020). Bertempat di kamar hunian narapidana perempuan kegiatan pembuatan masker kain berjalan dengan tertib dengan pengawasan langsung dari petugas wanita.

Pembuatan masker kain ini melibatkan sepuluh orang WBP perempuan yang pengerjaannya dilakukan secara berkelompok. Sebelumnya para WBP perempuan ini sudah pernah membuat face shield. "Beberapa hari yang lalu kami sudah membuat face shield dengan mengikuti tutorial dari YouTube dan hari ini kami mencoba membuat masker kain lagi," tutur Fitta petugas jaga blok perempuan.

(Baca Juga : Kakanwil Kemenag dan Subdit Sosbud Polda Bahas Sinergi Antarlembaga)


Lili salah satu WBP perempuan mengatakan bahwa kami bisa membuat masker kain ini karena kami dibekali teknik dasar menjahit pada saat pelatihan menjahit tahun lalu. "Pelatihan menjahit yang waktu itu kami ikuti sangat terasa manfaatnya, hingga kami bisa membuat masker kain yang manfaatnya sangat besar dalam pencegahan penularan Covid-19," ungkap Lili.

"Cara pembuatannya pun sangat sederhana, pertama membuat pola dari kertas kemudian memotong kain sesuai dengan pola tersebut lalu menjahitnya bersamaan dengan karet yang nantinya digunakan untuk mengaitkan ke telinga," terang Lili.


Kalapas Muara Teweh, Sarwito sangat mengapresiasi atas inisiatif dari petugas dan warga binaannya dalam hal pembuatan masker kain, terlebih produk yang dihasilkan ini adalah produk alat kesehatan. "Masker yang dibuat para WBP ini berbahan kain tujuannya agar lebih ekonomis dan bisa dipakai ulang, yang penggunaan nantinya akan dikombinasikan dengan face shield," tutur Sarwito. (red-dok, humas kalteng, juni 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook