Sampaikan Aspirasi, Askompsi Gelar Vicon Bersama Sestama BSSN

Kontribusi dari Widia Natalia, 18 Maret 2020 15:05, Dibaca 286 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kepala Bidang Layanan E-Government Elahni Hajati didampingi oleh seluruh Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Diskominfo Prov. Kalteng melakukan Video Conference (Vicon) di Gedung Smart Province (GSP), Rabu (18/03/2020).

Vicon dilakukan bersama dengan seluruh Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia serta Dewan Pengurus dan Anggota Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi).

(Baca Juga : Diskominfo Utus 6 ASN Ikuti Pelatihan Keprotokolan Dan Penata Acara)


Rapat jarak jauh dibuka oleh Sekretaris Utama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Syahrul Mubarak membahas aspirasi dari masing-masing Provinsi.

Sestama BSSN Syahrul Mubarak mengatakan akan terus mendukung peningkatan pelayanan di bidang informasi khususnya persandian untuk Pengamanan Informasi. Bentuk dukungan yang diberikan dalam hal ini yakni bersifat kolaborasi dan sinergitas.

Rapat Vicon kali ini juga merupakan himbauan dari Presiden RI Joko Widodo untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah terkait dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) Pandemi Covid-19, dimana selurih kegiatan yang melibatkan orang banyak disatu tempat mulai diminimalisir.

Pada kesempatan yang sama saat melakukan Vicon, Kabid Layanan E-Government Elahni Hajati melaporkan tidak ada pasien positif Covid-19 di Kalteng.

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran juga telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Copid 19 di Kalimantan Tengah, pungkasnya.

"Hal-hal lain untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 diwilayah Kalteng diantaranya menganti kebiasaan jabat tangan dengan mengucapkan salam, menjaga jarak dengan sesama dengan pengaturan jarak per individu minimal 1 Meter serta mengurangi kegiatan yang menghadirkan banyak orang atau menghindari kerumunan massa",imbuhnya.

Lebih lanjut Elahni Hajati mengatakan, sangat mengapresi kegiatan Vicon yang digelar oleh Askompsi dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Pada kesempatan tersebut, Pihaknya juga meminta dukungan dari BSSN terkait beberapa Kabupaten di wilayah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah diantaranya Kabupaten Barito Timur, Katingan, Seruyan dan Murung Raya yang masih belum mendapatkan Jammer.

Selain itu, hal-hal lain yang diharapkan dukungannya dari BSSN ialah kedepannya diharapkan adanya Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Kabupaten yang masih belum memiliki Sandiman serta edukasi lainnya tentang pengamanan siber serta mengharapkan adanya sosialisasi terhadap pemanfaatan Alat Kontra Penginderaan.

Terakhir, Elahni menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melakukan Inovasi awal terkait Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang sudah dilakukan secara internal dilingkup Diskominfo Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Tomy)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook