Diskominfo Kalteng Gelar Bimtek Kerawanan Dan Keamanan Informasi

Kontribusi dari Widianatalia, 07 Mei 2018 22:05, Dibaca 526 kali.


MMCKalteng- Dinas Komunikasi Informatika Persandian Dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kesadaran Pengamanan Informasi Dilingkup Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota di Aula Dinas Perhubungan, Selasa (8/5).

Acara Bimbingan Teknis dihadiri oleh 13 Kabupaten dan 1 Kota, yaitu Pejabat Eselon 3 yang berjumlah  50 orang. Aris Munandar, S.ST.MP selaku pemateri menyampaikan dalam paparannya tentang Kerawanan dan Keamanan Informasi. Keamanan Informasi khususnya ranah siber harus dibangun lebih awal pada tahap awareness  dan education setiap pemangku kepentingan didalam Pemerintah, setelah kesadaran dan kemampuan telah terbangun, barulah masuk pada proses/prosedur sampai akhirnya Pemanfaatan dan Pembangunan Teknologi Keamanannya. Hacker saat ini tidak berfikir bagaimana strategi melewati keamanan firewall, IDS atau IPS tapi bagaimana memanfaatkan social engineering dalam memasuki system.

(Baca Juga : Kominfo Menjadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi)

Dampak serangan siber pada system IT yaitu, manipulasi informasi yang ditampilkan pada Situs pemerintah, menimbulkan dampak ketidakpercayaan masyarakat pada integritas layanan dan kebijakan Pemerintah. Selain itu, hilangnya data elektronik pada database/datacenter atau terjadinya kasus dimana Web APPs dan Website tidak dapat di akses pada saat-saat penting. Dan munculnya informasi yang tidak otentik dikalangan masyarakat. (Widia/Foto:Asep)

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook