PPTTG-LIPI Subang Membuka Stan di Pameran Gelar Karya Kalteng 2018

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 Maret 2018 12:49, Dibaca 885 kali.


MMC Kalteng – Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPTTG-LIPI) Subang membuka STAN di Gelar Karya Kalteng 2018 di Area Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya. PPTTG merupakan lembaga pendukung inovasi teknologi bagi masyarakat Usaha Kecil Menengah (UKM) di berbagai bidang seperti teknologi pangan, pertanian, serta energi dan lingkungan.

Eka Sulanjana, salah satu staf PPTTG-LIPI mengatakan pada tim MMC, Sabtu (10/1), Subang sudah melakukan kerjasama dengan LIPI melalui BPMD sejak tahun 2015. Produk-produk yang berasal dari UKM Subang menghiasi stan mereka antara lain: mie kering, cemilan banana flakes, dodol nanas, minuman jus/sari nanas, tepung, dll.

(Baca Juga : Ibu Mufidah Jusuf Kalla Resmikan Gedung Dekranasda Prov. Kalteng)

Daerah lain yang juga sudah bekerjasama dengan LIPI yaitu daerah Musi, Banyuasin yang memanfaatkan dana desa. Sekitar 1500 orang dikirim ke LIPI, yang dibagi menjadi 8 gelombang (6 orang per desa).

LIPI menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang bagi UKM seperti alat untuk mencetak mie, alat untuk mencetak pelet atau makanan ikan, alat untuk membuat membuat sari minuman, dll.

LIPI juga menyediakan pelatihan dan workshop bagi UKM yang ingin mengembangkan produknya. Fasilitas tersebut terbuka untuk semua orang, termasuk para pelajar dan mahasiswa. Apabila ingin menggunakan fasilitas LIPI harus mengurus ke BPMD setempat terlebih dahulu.

Untuk melihat fasilitas apa yang disediakan oleh LIPI bisa dilihat di alamat website www.layanan.lipi.go.id. (Rikah / Foto : Rikah)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook