Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran Hadiri Rakernas Dekranas Tahun 2019 di Jakarta

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 10 September 2019 21:37, Dibaca 743 kali.


MMCKalteng - Jakarta - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ibu Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas Tahun 2019.

Rakernas kali ini mengambil tema "Bekerja Dengan Hati Untuk Memajukan Kerajinan Indonesia", digelar di Ruang Serba Guna, Gedung Jendral A.H Nasution, Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat No. 13-14, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

(Baca Juga : Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI Kanwil Kalteng Kunjungi Gedung Smart Province Kalteng)

Ketua Dekranasda Kalteng atau yang lebih akrab dipanggil Ibu Ivo menyampaikan bahwa pada Rakernas yang telah digelar tadi fokus utama pembahasan ada pada masalah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan bagaimana penerapannya di daerah.


"Yang pasti tadi lebih menekankan pada HKI ya, karena banyak sekali mungkin di daerah kita produk yang memang di produksi terus, ke khawatiran kita adalah nanti bisa di klaim oleh daerah lain," ucap Ivo usai menghadiri Rakernas kepada tim MMC.

Lebih lanjut Ibu Ivo menyampaikan bahwa sesuai arahan dari Dekranas, Pemerintah Daerah diinstruksikan untuk memfasilitasi para pengrajin di daerah untuk memberikan pemahaman mengenai HKI.

"Kita akan melakukan sosialisasi tentunya ke seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Tengah mengenai agenda yang telah dibahas di Rakernas ini, dan juga dari pusat tadi menginstruksikan dari Pemda untuk memfasilitasi para pengrajin di daerah agar mereka lebih sadar untuk mengHKI kan produk-produknya," kata Ivo.


Dalam siaran pers, Menhan Ryamizard Ryacudu didampingi Nora Ryamizard Ryacudu selaku tuan rumah berkesempatan menyambut Ketua Umum Dekranas yang juga Ibu Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla (JK) dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan alat musik talempong oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah JK dengan didampingi Nora Ryamizard Ryacudu dan Erni Tjahjo Kumolo. Ketua Umum Dekranas Mufidah JK berharap, penyelenggaraan rakernas tahun ini akan menjadi momentum bagi pengembangan kerajinan nasional Indonesia dari berbagai daerah sebagai bentuk ciri khas dan seni tradisional yang melambangkan kemajemukan NKRI yang bersatu dalam bingkai kebinekaan.

"Dekranas merupakan lembaga mitra pemerintah khususnya dalam membina dan mengembangkan produk kerajinan yang bernilai budaya menjadi produk bernilai ekonomi, yang dapat mengangkat harkat dan martabat perajin Indonesia. Hasil Perajin saat ini telah menjadi salah satu penyumbang perekonomian dari sektor ekonomi kreatif, fashion dan kuliner," kata Mufidah.

Mufidah mengatakan, tema "Bekerja dengan Hati untuk Memajukan Kerajinan Indonesia" mengandung makna, yaitu bertekad, bekerja keras, ikhlas tanpa pamrih untuk memajukan produk kerajinan guna memenangkan persaingan di pasar global. Dia mengatakan, kerajinan tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro kecil sampai skala menengah dengan berbagai kendala yang ada seperti pemasaran, permodalan dan  teknik produksi. Beberapa produk sudah berhasil menembus pasar ekspor namun persaingan di pasar global semakin ketat.

Untuk itu, kata Mufidah, diperlukan upaya nyata untuk mendorong pengrajin agar dapat bersaing di pasar global. "Peran Dekranas dan Dekranasda sangat diperlukan terutama dalam penigkatan kompetensi sumber daya manusia perajin serta progam pembinaan yang tepat sehingga pada gilirannya dapat menghasilkan produk kerajianan yang kreatif, berkualitas berbasis tradisi dan warisan budaya yang  menguasai pasar dalam negeri dan internasional," kata Mufidah. (ARP/Foto:BRN)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook