Kakanwil Hadiri Penandatanganan Kontrak Bantuan Hukum Tahun Anggaran 2020

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Januari 2020 18:17, Dibaca 208 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Cahyani Suryandari melaksanakan kegiatan Penandatanganan Kontrak Pelaksanaan Bantuan Hukum Tahun Anggaran 2020. Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palangka Raya Mubasirudin, perwakilan Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya, Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Palangka Raya, dan para Ketua Organisasi Bantuan Hukum (OBH) di Provinsi Kalimantan Tengah yang mendapatkan akreditasi periode tahun 2019 s/d 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rapat Kahayan Kanwil Kemenkumham Kalteng, Jum’at (24/1/2020).

Pelaksanaan pemberian bantuan hukum kepada warga negara, khususnya masyarakat miskin merupakan bagian dari sembilan agenda prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menghadirkan kembali negara dalam memberikan pengakuan, perlindungan, dan jaminan hak asasi warga negara Indonesia. Sebagai negara hukum, Indonesia menjamin kesetaraan hukum bagi warganya, maka dari itu tujuan kegiatan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk hal tersebut. Dalam sambutannya, Ilham Djaya menyampaikan harapannya kepada 6 (enam) OBH yang telah dinyatakan lulus verifikasi agar dapat memberikan jasanya untuk masyarakat miskin yang meminta bantuan hukum atau yang sedang berhadapan dengan hukum.

(Baca Juga : Lapas Narkotika Kasongan Meriahkan Hari Kemerdekaan RI Dengan Berbagai Perlombaan)

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum diharapkan memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesadaran hak-hak warga negara yang tidak mampu khususnya secara ekonomi, untuk mendapatkan akses keadilan,”, harap Ilham Djaya.

“Dengan adanya pelaksanaan Bantuan Hukum diharapkan masyarakat dapat terbantu untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang dihadapi,” sambungnya. (Reddok, Humas-Kalteng, Jan’2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook