Pemerintah Kabupaten Barito Utara Terima Alat Pendukung Utama (APU)

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 16 Desember 2019 13:21, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangkaraya - Dalam upaya peningkatan perlindungan/proteksi di bidang teknologi informasi, Pemerintah kabupaten Barito Utara menerima Alat Pendukung Utama (APU) berupa jammer dari BSSN provinsi Kalimantan Tengah. Penyerahan alat Pendukung Utama (APU) yang diberikan berfungsi untuk memproteksi dalam industri Informasi dan teknologi di era 4.0 saat ini.

Dalam laporan kepala Dinas Diskominfo Persandian dan Statistik provinsi kalimantan tengah, Ir. Herson B. Aden, M. Si menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan badan sandi dan Siber sandi Negara dalam rangka meningkatkan dan mendukung kegiatan persandian dalam rangka pengamanan Informasi dilingkungan pemerintah kabupaten yang ada di Kalimantan tengah. Hasil koordinasi dengan deputi bidang proteksi pemerintah, kita mendapatkan tambahan peralatan persandian untuk empat kabupaten yaitu kota waringin timur, kabupaten Pulang pisau, kabupaten lamandau, dan kabupaten Barito Utara.

Jumlah kabupaten yang mendapatkan peralatan persandian berjumlah sepuluh kabupaten dari empat belas kabupaten/kota dan semua peralatan tersebut di pinjampakaikan. Harapan kedepan mudah-mudahan dengan alat ini dapat membantu pemerintah kabupaten dalam hal proteksi.

Dalam sambutan sekda provinsi kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, S.Hut, M.p menyampaikan penggunaan teknologi khususnya teknologi informasi komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah saat ini berkembang dengan sangat pesat menuju Good Governance dan juga sedang bertransformasi menuju implementasi E-Government. Untuk antisipasi dan juga mencegah kebocoran informasi yang sangat mungkin timbul pada saat pelaksanaan rapat terbatas/tertutup/rahasia, dengan telah dikembangkannya teknologi untuk mendayagunakan telepon seluler menjadi sebuah alat sadap tanpa kita sadari atau penamaan alat sadap diruangan rapat/pertemuan tanpa diketahui pihak yang mengadakan rapat.

Badan siber dan sandi negara (BSSN) melakukan fungsi pengamanan dan perlindungan informasi milik pemerintah daerah dengan cara memberikan peralatn persandian, salah satunya alat pendukung utama (APU) yang dipakai pada saat pengamanan rapat/pertemuan tertutup/terbatas/rahasia dilingkup pemerintah daerah dengan cara pengamanan sinyal teknik sandi.

Alat pendukung utama ini bersifat rahasia dan hanya boleh dikelola oleh pegawai negeri sipil yang telah mengikuti diklat sandimen BSSN. Harapan kedepan seluruh kabupaten/kota se-kalimantan akan mendapatkan alat ini sehingga dapat digunakan dalam proteksi di pemerintahan serta peningkatan pelayanan dibidang keamanan.

Ditempat terpisah Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah sangat mengapresiasi atas bantuan Alat Pendukung Utama (APU) berupa Jammer yang telah diberikannya kepada pemerintah kabupaten Barito Utara. "mudah-mudahan dengan adanya alat ini dapat membantu dalam proses proteksi dalam bidang keamanan di kabupaten Barito Utara kedepannya" Tutup Nadalsyah.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Alat Pendukung Utama (APU) yang langsung diserahkan oleh sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, S.Hut, M.p didampingi oleh kepala Dinas Komunikasi Persandian dan Statistik provinsi, Ir. Herson B. Aden, M.Si secara simbolis kepada sekretaris daerah Barito Utara, Ir. Jainal Abidin, MAP dan didampingi oleh Kadis Kominfo Barut, M. Iman Topik di Gedung Smart Province Kalimantan Tengah Diskominfo Persandian dan Statistik provinsi Kalimantan Tengah, jl. Tjilik Riwut, km 3,5, Palangka Raya.

Acara dihadiri oleh sekda provinsi kalimantan tengah, kepala dinas Komunikasi Persandian dan statistik provinsi kalimantan tengah, unsur kepala perangkat daerah, serta tamu undangan lainnya. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook