Verifikasi Usulan Satyalancana Wira Karya, Tim Penilai Kemendagri Kunjungi Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 16 September 2021 16:31, Dibaca 185 kali.


MMCKalteng Kotawaringin Barat Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (DJBAK) pada Kamis (16/9/2021) melakukan kunjungan ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kunjungan ini dalam rangka melakukan Pendalaman Lanjutan dan Verifikasi Lapangan Usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan, Pengelolaan dan Pembangunan Kelautan Tahun 2021. Satyalancana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada kepala daerah yang berperan di bidang pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan.

Muhammad Rasman Hanafi selaku Ketua Tim Penilai mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kelautan, pemerintah dapat mengupayakan pemberian tanda kehormatan bagi kepala daerah dan/atau kepala perangkat daerah yang berperan di bidang pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan dalam hal ini provinsi Kalimantan Tengah sebagai Calon Penerima.

(Baca Juga : Kebijakan Pengelolaan Statistik Sektoral dan Masterplan Penyelenggaraan Satu Data Kalteng Yang Terintegrasi )

“Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang telah melakukan pembangunan berkelanjutan di wilayah pesisir. Untuk itu besok kami akan melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Kobar yang menjadi sample penilaian,” ujar Rasman.

“Pembangunan berkelanjutan yang dimaksud merupakan komitmen nyata daerah calon penerima yang menyasar kepada perbaikan lingkungan, peningkatan ekonomi serta sosial masyarakat pesisir,” tutup Rasman.

Sekretaris Daerah Kobar Suyanto yang hadir mewakili Bupati Kobar, dalam sambutannya mengatakan parameter keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan adalah peningkatan ekonomi masyarakat pesisir serta terciptanya simpul-simpul ekonomi di daerah pesisir.

“Salah satu kunci keberhasilan pembangunan adalah sinergi dan kolabarasi antar stakeholders. Dan kami Pemda Kobar akan terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintah provinsi dalam pengembangan potensi kelautan dan perikanan,” terang Suyanto.

“Sebagai salah satu bukti pengakuan kolaborasi ini, kami berharap kepada tim survei Kemendagri, dalam survei kelayakan tanda kehormatan satyalancana wira karya bidang pemerintahan, pengelolaan dan pembangunan kelautan tahun 2021 dapat melihat secara langsung proses pertumbuhan dan percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah,” imbuh Suyanto.

Tim Penilai yang hadir mewakili dari Sekretariat Negara RI, Kemendagri RI dan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar tersebut juga dihadiri dari unsur Pemerintah Prov. Kalteng beserta jajaran serta dari unsur Pemerintah Kabupaten Kobar. (nita&razak/diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook