Awasi Pasokan dan Harga LPG

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 09 Desember 2019 23:07, Dibaca 141 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Menjelang hari besar keagamaan termasuk Natal sekaligus menyambut tahun baru, maka biasanya kelangkaan barang kebutuhan, seperti gas LPG akan terjadi, termasuk juga lonjakan harga gasnya.

(Baca Juga : Melalui Pola Konsorsium, Pemkab Kobar Gandeng Perusahaan Untuk Atasi Banjir)

Kondisi ini menurut anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah tentu akan dikeluhkan  masyarakat. Terutama mereka yang dari kalangan kelas menengah ke bawah.

Intinya, pemerintah harus lebih pro aktif dalam pengawasan dan pencegahan,” ungkap Uwah panggilan akrab Rusdianyah.

Menurutnya, pemerintah kota melalui OPD teknisnya harus melakukan pengawasan melekat terkait pasokan dan harga gas LPG tersebut.Walaupun saat ini pasokan gas subsidi itu masih cukup aman dan terkendali.

Namun yang perlu diwaspadai adalah menjelang hari besar seperti Natal, maka hendaknya pemerintah bisa pro aktif mengawasi dan mengantisipasi gas LPG ini agar tidak terjadi kelangkaan,” ucapnya, Senin (9/12/2019).

Disisi lain Uwah meminta kepada semua agen LPG yang ada di Kota Palangka Raya untuk menjual gas elpiji sesui dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Jika harga jual LPG tidak bisa dikendalikan, maka akan merugikan masyarakat kecil, apalagi gas subsidi lebih banyak digunakan oleh para pelaku UMKM,” tukasnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga meminta kepada masyarakat yang melihat atau mengetahui adanya kecurangan pangkalan atau eceran dalam penjualan, maka hendaknya langsung melaporkan kepada pihak berwajib.

Pasokan LPG banyak, tapi kenapa masih kerap dikeluhan masyarakat, terutama terkait kelangkaan gas LPG itu ?. Makanya peran instansi teknis dibutuhkan dalam pengawasan dan juga pengendalian harga,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook