Kunjungi Water Treatment Plant (WTP), Wabub Mura Ingin Pastikan Ketersediaan Pasokan Air Bersih Untuk Masyarakat Lancar

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 23 September 2019 22:15, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Murung Raya - Wakil Bupati Murung Raya bersama Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya didampig oleh Dirut PDAM Puruk Cahu mengunjungi secara langsung WTP (Water Treatment Plant) Unit pengolahan air bersih di Hungan, Puruk Cahu (23/09).

Kunjungan ini merupakan langkah-langkah Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk memastikan ketersediaan pasokan air bersih dari PDAM Puruk Cahu kepada masyarakat dapat terpenuhi dan didistribusikan secara lancar.

(Baca Juga : Hari Keempat Bupati Safari Natal Di Desa Makunjung )


Dalam penyediaan air bersih, PDAM pada umumnya menggunakan metode pengolahan secara fisika dan kimiawi. Metode ini sering disebut dengan istilah IPA (Instalasi Pengolahan Air). Pada dasarnya, terdapat 3 unit penting dalam sistem pengolahan air bersih di PDAM, yaitu Intake building, Water Treatment dan Reservoir.

Menurut direktur PDAM Puruk Cahu Esliter SE,  saat kunjungan Wabup, Pj. Sekda dan Kapolsek Murung "bahwa kendala air bukan pada Intake building, Water Treatment dan Reservoir, tetapi juga pada teknis dan kemauan kerja.


Sumber air baku sangat banyak dan terbebas dari merkury karena saat ini level air sama dengan musim hujan yaitu berkisar pada level 22,5 dan 38. Penyedotan menggunakan Pompa EBARA Centrifugal 75 kw/100 hp/3 pas, tinggal sedikit lagi penyempurnaan terutama pada alat-alat lainnya supaya tidak terjadi induksi". Selain itu juga harus menerapkan pola kerja menggunakan sistem POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) tegasnya. (Diskominfo SP Mura)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook