Kobar Jadi Pilot Project Kabupaten Bebas Pungli di Kalteng

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 22 April 2021 14:36, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi Pilot Project implementasi Kabupaten Bebas Pungutan Liar (pungli) di Kalimantan Tengah. Karena inilah pada Kamis (22/4/2021) Satgas Saber Pungli Kobar menggelar launching masyarakat sadar pungli dan duta saber pungli. Kegiatan yang dilaksanakan di komplek Istana Kuning ini dihadiri Wakil Bupati Kobar, Ketua Satgas Saber Pungli Kalteng, Kepala SOPD serta tokoh masyarakat Kobar.

Pembentukan masyarakat sadar pungli ini menjadi bagian inovasi dan kreasi tim Saber Pungli Kobar untuk melengkapi infrastruktur serta menggelorakan semangat bebas pungli. Hal ini sesuai pedoman penilaian kota bebas pungli yang diterbitkan Satgas Saber Pungli pusat dengan surat edaran nomor B-13/HK.00/02/2021 tanggal 10 Februari 2021.

(Baca Juga : Gelar Pengawasan dan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Tahun 2019)

Adapun lima bidang yang dinilai sebagai indikator kota bebas pungli diantaranya SDM, operasional, sarana dan prasarana, penganggaran serta inovasi dan kreasi. Wabup Ahmadi Riansyah mengapresiasi dan mendukung upaya mewujudkan Kobar menjadi wilayah bebas pungli.

“Harapan kita dengan ditargetkannya menjadi daerah bebas pungli, Kobar semakin cepat dalam akselerasi kemajuannya, karena pelayanan prima kepada masyarakat terus diberikan tanpa ada embel-embel pungli dan sebagainya,” katanya.

Ahmadi juga mengungkapkan jika hal ini tentu saja bersinergi dengan upaya Bupati dan Wakil Bupati untuk membangun Kobar lebih cepat ke depan. Ahmadi menambahkan dengan penunjukkan masyarakat sadar pungli dan duta saber pungli, akan cepat mensosialisasikan bahaya pungli di berbagai bidang.

“Hal ini menjadi upaya mendorong peran aktif masyarakat dalam mewujudkan wilayah bebas pungli,” pungkasnya. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook