Pendidikan Karakter Generasi Milenial

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 01 Desember 2019 19:33, Dibaca 28 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan atau aspek kognitif peserta didik, tetapi menyangkut sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari dilatar belakangi hal tersebut diadakan Seminar Nasional Pendidikan oleh Program Pasca Sarjana Universitas Palangka Raya jurusan Pendidikan Dasar dilaksanakan di Hotel Luwansa Jalan G.Obos Palangka Raya, Sabtu (30/11/2019).

(Baca Juga : BPOM Awasi Ketat Peredaran Ranitidin)

Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dr. Nurul Anriani, S.Si., M.Pd dalam diskusi bertema Pendidikan Karakter Milenial menyampaikan Pendidikan merupakan komponen yang penting untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Sehingga dapat dikatakan masyarakat yang memiliki pendidikan yang baik dapat memperkokoh pondasi negaranya.

Ditambahkan juga oleh Nurul Anriani, “Ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill saja), tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill)”. Penelitian mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20 persen oleh hard skill dan sisanya 80 persen oleh soft skill.

Pendidikan Karakter Milenial hakikatnya dikategorikan menjadi empat kekuatan besar yaitu kerjasama internasional dan regional, proses demokratisasi dan hak asasi manusia, pengembangan sains dan teknologi dan identitas nasional. Dalam menghadapi empat kekuatan global ini pemerintah menggalakkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GRNM) yang memiliki nilai utama karakter. Yang pada prinsipnya ada lima nilai karakter yaitu Nasionalisme, Integritas, Kemandirian, Gotong Royong dan Religius. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook