Aman, Bahan Kebutuhan Pokok Di Palangka Raya, Tidak Bergejolak

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 28 November 2019 23:50, Dibaca 653 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Sehari sebelumnya pihak Kementrian Perdagangan (Kemendag) melalui Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Arlinda dan jajarannya memonitor sekaligus memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di sejumlah ritel modern.

(Baca Juga : Ada Sekolah di Palangka Raya Tak Gelar USBN)

Selanjutnya pada Kamis (28/11/2019) pagi, pihak kemendag ini kembali memantau langsung kondisi pasokan dan kestabilan harga bahan pokok kali ini sasaran pantauan khusus di pasar tradisional.

Pasar Besar dan Pasar Kahayan kota Palangka Raya, dua pasar tradisional ini menjadi acuan dalam memantau harga-harga bahan pokok,”ungkap Arlinda usai  kegiatan pemantauan harga di Pasar Kahayan

Sejauh ini kata dia, semuanya telah berjalan baik, dimana harga komoditas bahan pokok di Kota Palangka Raya tidak bergejolak.”Diharapkan kestabilan bahan pokok ini terjaga, terlebih mendekati Natal dan tahun baru,”harap Arlinda.

Dikatakannya, kegiatan pemantauan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Natal dan tahun baru 2020, merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dengan tujuan antisipasi peningkatan harga bahan pokok.

Jadi kami memastikan lagi kelangsungan pasokan harus tercukupi, apalagi ini sudah memasuki akhir tahun, maka mulai tampak adanya kenaikan komoditas sehingga harus lebih diwaspadai terutama melakukan penekanan harga,’ jelasnya.

Pihak kemendag lanjut Arlinda, akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan satgas pangan guna terus memantau harga bahan pokok yang ada dipasaran.

Pola memonitor dan memantau ini sudah tiga tahun dijalankan. Hasilnya cukup bisa mengendalikan inflasi di wilayah Indonesia,  namun kita harus tetap mempersiapkan agar hal ini tetap terjaga,”tukasnya.

Sementara dalam pemantauan itu jelas Arlinda, sejumlah komoditas inti menjadi sasaran pemantauan. Seperti terhadap  komoditas ayam potong, telur ayam,  bawang merah, bawang putih, daging sapi, beras, Cabai merah dan lainnya.

Untuk komoditas daging ayam potong ini kata dia, perlu dikoordinasikan lebih lanjut agar pasokan dapat terus berjalan.

Sedangkan untuk beras kami akan pantau ke gudang Bulog guna memastikan stok cukup dalam berapa bulan. Intinya secara umum untuk sementara ini komoditas lainnya cukup aman dan tidak bergejolak.” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook