Bahaya Pemakaian Obat secara Tidak Rasional

Kontribusi dari Iin Carolina, 12 Maret 2019 06:46, Dibaca 524 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Andjar Hari Purnomo, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengungkapkan tentang penggunaan obat secara tidak rasional dapat mengakibatkan terapi pengobatan kurang efektif dan efisien, Senin (11/3/2019) pada acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Memakai Obat di Gedung Batang Garing.

Menurut WHO, lebih dari 50% obat di dunia diresepkan dan digunakan secara tidak tepat, penggunaan yang tidak rasional seperti penggunaan obat secara berlebihan, penggunaan obat tidak tepat indikasi, dosis, cara dan lama pemakaian.

(Baca Juga : Tim TPP Kalteng Berkah, Siap Kawal Pembangunan Infrastruktur Strategis Kobar)

Untuk mengantisipasi penggunaan obat secara tidak rasional, Menteri Kesehatan RI telah mencanangkan GerMas CerMat pada tanggal (13/11/2019) berdasarkan Keputusan Menteri RI nomor HK.02.02/Menkes/427/2015. 

GerMas CerMat ini merupakan upaya bersama pemerintah dan masyarakat melalui kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman masyarakat dalam penggunaan obat secara benar dan rasional, ujarnya.

Harapannya dengan adanya Sosialisasi GerMas CerMat ini, masyarakat dapat mengetahui dan bertindak secara benar dalam hal pemakaian obat-obatan.Tidak menggunakan obat dengan pengobatan sendiri (swamedikasi), yang berujung munculnya penyakit baru, ujarnya.

Acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Memakai Obat (GeMas CerMat) ini dihadiri sekitar 350 orang dari berbagai elemen masyarakat kota Palangka Raya (MC.Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook