Siswa MTSN-2 Palangka Raya Simulasikan Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 November 2019 20:39, Dibaca 226 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 55  tahun 2019 digelar di Halaman MTSN-2 jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya,  Rabu (27/11/2019).

(Baca Juga : Kapuas Juara Umum Tiga Porseni PGRI Kalteng)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo dalam sambutannya mengatakan sekolah  hendaknya  mampu  menjadi tempat untuk meningkatkan derajat kesehatan warga sekolah,  salah satu indikator pada pola Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) yakni menerapkan budaya mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Tujuannya untuk mencegah berbagai jenis penyakit akibat bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh melalui tangan. Oleh karena itu suatu kewajiban bagi sekolah agar dapat memfasilitasi dengan menyediakan sarana prasarana tempat mencuci tangan serta membudayakan perilaku mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktifitas.

Maka dari itu ungkap,” Andjar. dalam rangka  memperingati hari Kesehatan Nasional ini,  Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan Gebyar Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir,  “Ayo bermain permainan tradisional”, dimana bermain adalah salah satu aktifitas fisik bagi anak-anak, selain menyenangkan juga badan lebih bugar, juga melalui permainan tradisional dapat menjadi sarana edukasi dan pelestarian budaya lokal.

Andjar berharap anak-anak sekolah yang ada di wilayah Kota Palangka Raya dapat mengaplikasikan cara cuci tangan pakai sabun sesuai standar  kesehatan seperti yang sudah dipraktekkan/disimulasikan oleh siswa SMTN-2 Palangka Raya, sehingga anak-anak sekolah tumbuh sehat dan cerdas sebagai generasi yang unggul dan berprestasi. (MC. Isen Mulang).

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook