Edukasi Pentingnya Bayar Pajak

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 20 Mei 2019 10:54, Dibaca 20 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Guna meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, maka diperlukan penguatan edukasi.

“Selain melalui sosialisasi dan himbauan, maka edukasi penting diberikan kepada masyarakat untuk sadar bayar pajak,” ungkap Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya, Alfian Batnakanti.

(Baca Juga : Dinas Kominfo Kapuas Kaji Tiri Ke Dinas Kominfo Gunung Mas)

Menurutnya, salah satu penyebab kurangnya ketaatan dalam membayar pajak, lebih dikarenakan tidak adanya dorongan kuat yang dilakukan pemerintah untuk membangkitkan kesadaran dan kewajiban masyarakat secara individu dalam membayar pajak.

Memang kata dia, untuk Pemerintah Kota Palangka Raya itu sendiri sudah ada upaya melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran serta patuh dalam membayar pajak.

Namun demikian kilahnya, jika kesadaran itu belum dicapai secara maksimal, maka ada baiknya diperlukan edukasi mendalam terkait kewajiban membayar pajak.

“Edukasi ini bisa dilakukan melalui pertemuan di kelurahan atau kecamatan dengan mengundang unsur masyarakat. Sehingga manfaat pajak tersampaikan,” cetusnya, Minggu (19/5/2019).

Dalam bagian lain tambah Alfian, untuk membangun kesadaran taat membayar pajak ini, selain penguatan edukasi, namun diperlukan pula action nyata dalam memperkuat penerimaan pajak. Salah satunya instansi terkait bisa membuka pelayanan pajak kepada masyarakat di berbagai tempat Bisa dilakukan dengan pelayanan pajak menggunakan mobil keliling, kantor kecamatan, dan pusat perbelanjaan. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook