Bangun Taman Bukan Sekedar Keindahan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 19 November 2019 09:40, Dibaca 193 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Keteraturan wajah Kota Palangka Raya saat ini menjadi hal penting diperhatikan oleh pemerintah kota setempat. Bahkan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin memiliki konsep tersendiri agar wajah Kota Cantik terlihat tertata dengan baik.

“Ya, tadi pak walikota sempat meninjau penyempurnaan sejumlah taman. Beliau ingin kota Palangka Raya memiliki  konsep dalam hal perwajahan kota,” ungkap Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Senin (18/11/2019).

(Baca Juga : Parade Merah Putih Akan Meriahkan Perayaan HUT RI di Kobar)

Menurut Hera, salah satu konsep upaya penataan wajah kota tersebut, yaitu dengan memaksimalkan ruang terbuka hijau (RTH) yang ada.

Bagusnya kata dia, ruang terbuka hijau yang  ada pada sejumlah titik Kota Palangka Raya saat ini telah dibalut dengan pembangunan taman. Hanya saja seiring dengan itu, yang diharapkan dari keberadaan taman tersebut, tidak lain jangan sampai menghilangkan fungsi dan manfaatnya.

“Pak wali sendiri menginginkan taman yang banyak dibangun selama ini harus memiliki konsep, fungsi dan manfaat. Maka itu hal tersebut penting diperhatikan oleh OPD terkait. Jika tidak serius keberadaan taman bisa saja akan terbengkalai,” tuturnya.

Dikatakan, Hera, meskipun saat ini banyak  taman-taman yang dibangun telah mampu membawa pada perubahan wajah Kota Palangka Raya kearah yang lebih indah dan rapi, namun terlepas dari itu, manfaat serta fungsi taman harus tetap diperhatikan.

“Seperti taman yang ada di kawasan Jalan Yos Sudarso Kelurahan Menteng, dimana sejauh ini hanya sebatas keindahan saja. Sedangkan fungsi dan manfaat tamannya masih kurang terlihat,” tukasnya.

Harusnya lanjut Hera, taman dibangun bukan sekedar untuk keindahan saja, namun lebih dari itu, manfaat dan fungsi taman harus dikedepankan.

Dalam arti kata, keberadaan taman itu sejatinya harus mampu membuat masyarakat senang, anak-anak bisa bermain, berkreasi dan masyarakat bisa puas memanfaatkannya.

“Kalau hanya sebatas keindahan tidaklah cukup. Maka itu taman dibangun harus memiliki  fungsi dan manfaaat lebih. Untuk mencapai itu, maka harus disiapkan sarana dan prasarana pendukung,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook