Ikuti Upacara Hari Pahlawan, ASN Diharapkan Menjadi “Pahlawan Masa Kini”

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 12 November 2019 07:56, Dibaca 4 kali.


Palangkaraya – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2019, Senin (11/11/2019) di halaman Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Kepala Kantor Wilayah (Ilham Djaya) bertindak sebagai Inspektur Upacara dan yang bertugas sebagai Komandan upacara Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Kemanan (Joko Prayitno), serta yang bertugas sebagai perwira upacara Kepala Bidang HAM (Karyadi).

Upacara diikuti Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis di Kota Palangkaraya serta seluruh pegawai di jajaran Kemenkumham Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Berbeda Tempat, LPKA Palangka Raya dan Rutan Buntok Deklarasi Bebas Narkoba dan Handphone)

Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan pidato Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. batubara dengan mengangkat tema tahun ini adalah “ Aku Pahlawan Masa Kini”.

Dalam amanatnya disampaikan jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan dan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional.

“Menjadi Pahlawan masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis/merugikan orang lain dan sebagainya”. Terang Kakanwil. Lebih lanjut Kakanwil memberikan apresiasi kepada pegawai yang telah berkorban meluangkan waktu untuk mengikuti upacara, “saat ini pengorbanan kita bukan mengangkat senjata, tetapi pengorbanan kita adalah memberikan yang terbaik bagi negara, salah satu contoh kecilnya adalah Bapak/Ibu sudah berkorban waktu dan tenaga untuk dapat hadir ke Kantor Wilayah pagi ini mengikuti upacara.

Di akhir pidatonya Inspektur Upacara mengajak kepada seluruh pegawai dengan menjadi pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bagsa ini dapat teratasi. “Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kephalawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia”. Tutupnya

Sementara Upacara bendera peringatan Hari Pahlawan 11 November 2019 ini bukan hanya dilaksanakan di Kantor Wilayah saja akan tetapi Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Kemenkumham Kalteng seperti Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Rutan Kelas II A Buntok, Rutan Kelas II B Kuala Kapuas, dan Rutan Kelas II B Tamiang Layang, Lapas Kelas II B Sampit, Lapas Kelas II B Pangkalan Bun (Gabungan Lapas dan Bapas), Lapas Kepas II B Muara Teweh (Gabungan Lapas dan Bapas), LPKN Kelas III Kasongan dan Lapas Kelas III Sukamara. Red-dok, Humas Kalteng, Nov;19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook