Dukung Kegiatan Keagamaan Kemenkumham RI, Kanwil Kalteng Terapkan Gerakan Cinta Ibadah

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 Mei 2018 12:37, Dibaca 936 kali.


MMCKalteng – Dalam rangka menangkal tindakan-tindakan yang bisa membuat kerawanan sosial baik didalam lingkungan pekerjaan sehari-hari maupun dalam lingkungan bermasyarakat, Kementerian Hukum dan HAM RI telah mengeluarkan sebuah surat edaran dengan nomor : SEK.04-UM.06.02 Tahun 2018 tentang Kegiatan Keagamanaan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Dengan latar belakang institusi yang memiliki SDM sebanyak 59.556 orang pegawai yang tersebar di 870 Unit Satuan Kerja diharapkan mampu mengemban tugas dan fungsinya memberikan pembinaan baik kepada sesama pegawai juga kepada narapidana/tahanan yang tersebar di Lapas/Rutan serta tahanan asing di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim).

Menanggapi akan surat edaran tersebut, Yoseph Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah mengharapkan kepada seluruh UPT untuk melaksanakan secara penuh kegiatan keagamaan yang dimaksud. Dirinya mengajak kembali menggalakan kegiatan yang telah dicanangkan oleh mendiang Kakanwil terdahulu Alh. H. Agus Purwanto yang telah mencanangkan Gerakan Cinta Ibadah (GCI) sebagai pedoman dari ayo kerja kami PASTI (bagi Pegawai) serta sebagai Pribadi menjadi tahan uji (bagi WBP).  

(Baca Juga : Kanim Sampit Diminta Intensifkan Pengelolaan Sdm, Sarpras, Administrasi Keuangan Dan Pengawasan Orang Asing)

Dikatakannya, saat ini Kantor Wilayah secara rutin melaksanakan kegiatan keagamaan 1 bulan sekali baik itu bagi pegawai yang beragama Muslim maupun yang Nasrani. Semua kita laksanakan dalam rangka pembinaan mental spiritual pegawai untuk membentuk karakter, pribadi yang memiliki iman dan taqwa sehingga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bisa berjalan dengan aman, baik dan lancar serta sesuai dengan harapan kita bersama.

Untuk yang Nasrani, pihaknya telah melaksanakan kegiatan kebaktian rutin dibawah bimbingan Persekutuan Pengayoman Kantor Wilayah, sedangkan untuk yang Muslim pihak PHBI selaku yang pengurus melaksanakan kegiatan Pengajian Rutin yang selalu menghadirkan para ustad untuk memberikan ceramah agama. Selain itu juga Kantor Wilayah juga membuat group Whatsup Pengajian Rutin One Juz One Week yang digagas oleh Alm. H. Agus Purwanto yang juga diikuti oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H. Said Ismail. Dikatakannya berdasarkan data yang didapat dari admin group bahwa Pengajian tersebut sudah menyelesaikan 1 kali khatam Al-qur’an, saat ini merupakan pengajian yang kedua dan sudah berjalan juz ke 15.

Begitu juga halnya yang sudah dilakukan UPT dilingkungan Kantor Wilayah. Menurutnya, dirinya juga selalu mendapatkan laporan kegiatan keagamaan baik itu kegiatan yasinan/pengajian, kebaktian, kegiatan di vihara serta yang lainnya. Hal ini akan terus kita lakukan untuk menciptakan suasana yang damai, agamis, harmonis yang  tentu menjadi landasan positif terciptanya kondisi aman dan tertib dilingkungan kerja masing-masing, ucap Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng.  (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mei. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook