Teladani Perjuagan Para Pahlawan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 11 November 2019 15:49, Dibaca 190 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya-Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah meminta seluruh elemen masyarakat,  termasuk di dalamnya  generasi muda, untuk senantiasa menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan. 

Menurutnya, banyak cara  menghargai jasa para pejuang dan Pahlawan terdahulu, yakni dengan mengisi kemerdekaan melalui prestasi yang membanggakan. Jadikan semangat para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga untuk negeri ini sebagai motivasi anak bangsa.

(Baca Juga : Sebanyak 131 CPNS Kobar Formasi Tahun 2019 Terima SK Pengangkatan)

Ungkapan bijak itu disampaikan Umi, usai upacara ziarah dan tabur bunga dalam rangka Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, Minggu (10/11/2019). 

“Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk mencintai tanah air dan menjaga kemerdekaan  sampai akhir hayat. Tak hanya generasi tua tetapi generasi-generasi selanjutnya,”tegas dia.

Lebih lanjut Umi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya. Teruama mampu menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

“Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia,”ujarnya

Perlu disadari ungkap Umi, sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia harus menghargai jasa para pahlawannya, sehingga diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita patut berbangga menjadi warga Negara Republik Indonesia dengan ke aneka ragaman nya baik itu suku,budaya dan agama. Makanya,  mari isi kemerdekaan ini, dan jaga terus kesatuan dan persatuan negara kita dengan menjaga keutuhannya,”cetus dia.

Selebihnya Umi menambahkan ziarah ke makam para pahlawan tersebut  selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh pihak untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi.

“Ziarah ke TMP ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa. Bangsa  yang besar adalah bangsa  yang menghargai jasa para pahlawannya,”pungkasnya.

Adapun upacara ziarah di Makam Pahlawan Sanaman lampang itu sendiri, dihadiri langsung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berserta unsur TNI, Polri dan ASN lingkup Pemko Palangka Raya dan Pemerintah Provinsi Kaleng.(MC.Isen Mulang 1)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook