Safari Gemarikan Sebagai Wahana Pengenalan Konsumsi Makan Ikan Sejak Usia Dini

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 09 November 2019 01:13, Dibaca 2 kali.


Gunung Mas – Puluhan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Batu Puter, Kecamatan Rungan Hulu diperkenalkan untuk mengkonsumsi ikan sejak usia dini, melalui safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tahun 2019, yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

“Safari gemarikan ini sebagai wahana pengenalan konsumsi makan ikan sejak usia dini, dan gerakan masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu keluarga yang aman, sehat, dan untuk memperbaiki asupan gizi khususnya anak-anak,” ucap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gumas Ir. Trinayati, Kamis (7/11).

(Baca Juga : Seorang Ibu Lumpuh dan Terlantar Sementara Menghuni Rumah Singgah)

Dia mengatakan, Kabupaten Gumas merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang termasuk kategori stunting. Untuk memajukan kesejahteraan dan meningkatkan kualitas SDM generasi muda, salah satu cara yang dilakukan adalah peningkatan konsumsi ikan, yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan otak.

“Mengkonsumsi ikan sangat baik bagi kebutuhan tubuh kita karena memiliki nutrisi yang tinggi, terutama dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Untuk meningkatkan konsumsi ikan, maka sudah menjadi keharusan untuk dibudayakan makan ikan di masyarakat, khususnya generasi muda,” ujarnya.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi. Beberapa keunggulannya yakni, kadar kolesterol rendah, mengandung asam lemak tidak jenuh, penyerapan daging ikan lebih tinggi, kaya akan fosfor, zat besi dan iodine, serta mengandung zinsum yang penting untuk perkembangan sel-sel otak.

“Ikan sebagai salah satu sumber protein yang murah dibandingkan dengan daging harus menjadi hidangan prioritas mulai dari sekarang. Ikan dapat diolah menjadi menu hidangan yang menarik seperti sosis, bakso, nugget, dan abon ikan,” tuturnya.

Dia menyampaikan, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk memberikan hak bagi anak. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan gizi seimbang dan cukup, agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi emas yang sehat dan cerdas untuk membangun bangsa, dan khususnya Kabupaten Gumas dimasa yang akan datang.

“Apa yang kita laksanakan dengan sasaran anak-anak sekolah ini, juga dalam rangka memberikan dukungan, komitmen, dan peran aktif seluruh instansi/unit kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terhadap program kegiatan yang akan dilaksanakan di kampung KB,” pungkasnya.

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook