Empat UMKM Palangka Raya Terima Penghargaan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 30 November 2018 08:53, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Sebanyak empat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kota Palangka Raya mendapatkan penghargaan kualitas dan produktivitas " Siddhakarya" tahun 2018 dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigragi RI.

Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan bagi UMKM karena dinilai berhasil menjalankan kualitas dan produktivitas usahanya. Meski tidak menyebutkan UMKM apa saja yang telah mendapatkan penghargaan tersebut, namun kata Afendie keempat UMKM tersebut terdiri atas empat bidang usaha. Yakni UMKM yang bergerak pada produksi kerajinan rotan, produksi kerajinan getah nyatu, produksi kripik saluang dan produksi obat-obatan tradisional khas Kalteng.

(Baca Juga : Walikota Resmikan Hotel Putra Kahayan)

"Keempat UMKM kita ini dinilai mampu menjalankan konsep kualitas maupun produktivitas yang bernilai tinggi. Ini menjadi contoh yang dapat ditiru oleh UMKM lainnya yang ada di Kota Palangka Raya," tuturnya. Sejauh ini pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Koperasi dan UKM terus mendorong membimbing serta melakukan pembinaan terhadap UMKM. Terutama membuka seluas-luasnya peluang usaha bagi UMKM untuk berkembang dengan baik.

"UMKM yang mampu menjalankan konsep kualitas dan produktivitas tentu akan mampu berkembang sehingga dapat membawa pada pengembangan usaha, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan para pelakunya dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah," jelasnya.

Adapun terkait dengan penghargaan yang diberikan kepada empat UMKM Palangka Raya tersebut, menurut Afendie, UMKM-UMKM itu akan mewakili Kalteng pada penilaian kualitas dan produktivitas tingkat nasional. Keempat UMKM ini pun kata dia akan diberikan pembinaan lebih lanjut oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya.

"Nantinya ada enam UMKM Kalteng yang berkompetensi pada konsep penilaian secara nasional. Jadi empat UMKM dari Kota Palangka, ditambah dua UMKM dari dua Kabupaten di Kalteng yang sebelumnya mendapat penghargaan yang sama ," tutupnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook