Dewan Apresiasi Rekrutmen CPNS 2019

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 06 November 2019 07:12, Dibaca 17 kali.


Kuwu: Isi Kekurangan Guru dan Medis di Perdesaan

PALANGKA RAYA – Adanya penerimaan CPNS di tahun ini mendapat apresiasi dari jajaran DPRD Kalteng. Sekretaris Komisi III Kuwu Senilawati menyambut baik dengan adanya rencana penerimaan tersebut.

(Baca Juga : Komisi III Gelar RDP dengan KONI, Dispora dan Tim Sepak Bola Kalteng Putri)

“Apalagi formasi untuk bidang pendidikan dan kesehatan, untuk tenaga medis, guru ataupun dokter yang selama ini dibutuhkan di daerah,” ujarnya kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dirinya menambahkan selama kurun waktu  beberapa tahun ke depan, sudah banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun. Karena tidak adanya pengganti, beberapa daerah terpaksa mengangkat tenaga kontrak, dalam memenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan, khususnya wilayah pedesaan ataupun kecamatan.

Anggota dewan yang membidangi pariwisata, pendidikan dan kesehatan itu menjelaskan, kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidik seperti perawat, bidan, dokter hingga guru sangat mendesak. Saat ini jumlah tenaga yang ditugaskan di kecamatan ataupun desa masih sangat minim.

Bahkan beberapa diantaranya, kebanyakan diisi oleh tenaga kontrak, sehingga optimalisasi pendidikan yang mestinya sesuai harapan, belum terakomodir sepenuhnya. Politisi dari Partai Gerindra itu mencontohkan, seperti di wilayah Katingan dimana dua formasi tersebut, menjadi kebutuhan daerah.

Kondisi kurangnya tenaga-tenaga itu terlihat dari usulan, aspirasi bahkan kunjungan dalam daerah lingkup masyarakat.“Rata-rata sekolah, puskesmas atau pustu, masih diisi dan didominasi tenaga kontrak atau honorer,” ucap wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas tersebut.

Persoalan lainnya yang  kerap dikeluhkan, seperti minat untuk formasi dokter yang minim dalam penempatan di daerah terpencil. Maka untuk wanita murah senyum itu mengharapkan, kedepannya untuk formasi keperawatan bisa lebih banyak. Hal itu dalam upaya sebagai back up, apabila formasi dokter masih sangat minim peminat. Apalagi jenjang S1 keperawatan bisa dikatakan memiliki kemampuan, yang mendekati pelayanan kedokteran.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook