Calon Pengantin Wajib Urus Keterangan Sehat Sebelum Menikah

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 09 Oktober 2019 21:30, Dibaca 204 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Mulai 2020 Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya akan mewajibkan calon pengantin laki-laki dan perempuan mengurus surat keterangan sehat sebelum menikah.

(Baca Juga : KNPI : Ben Brahim sosok Teladan Pemuda)

Kebijakan ini menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo untuk mendukung program pemerintah guna mengurangi kasus stunting.

Dengan kebijakan itu diharapkan kedua calon pengantin agar sehat, sehingga diharapkan saat mempunyai keturunan juga sehat,” tulis Andjar melalui pesan WhatsApp, Rabu (9/10/2019).

Diketahui, stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya. Hal ini karena kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Sementara itu Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo mendukung rencana kebijakan yang akan diberlakukan dinas kesehatan tersebut.

Menurutnya masalah stunting merupakan masalah bersama, sehingga antara DPRD dan SOPD harus sama-sama mendukung program penanganan stunting. Apalagi masalah stunting juga menjadi isu nasional.

Sigit berharap nantinya dinas kesehatan segera mensosialisasikan kebijakan ini agar publik mengetahui dan cara mengurusnya juga lebih mudah. (MC. Isen Mulang)

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook