Dewan Kembali Gelar Rapat Penyusunan Tatib

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 13 September 2019 07:05, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Guna mendukung pelaksanaan dan tugas fungsi legislatif, DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali melaksanakan rapat pembahasan Tata Tertib (Tatib). Dalam penyusulan tatib ini DPRD Kalteng mengedepankan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tatib dewan kalteng, kabupaten, dan kota.

Dalam rapat pembahasan kemarin, Ketua tim pembahasan tatib DPRD Kalteng Freddy Ering mengungkapkan, pembahasan tatib ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dan diterapkan selama masa jabatan anggota DPRD.

(Baca Juga : Dewan Dukung Program Sertifikat Tanah Rumah Ibadah)

Pasalnya, tatib merupakan kesepakatan bersama yang disusun melalui kompilasi partai politik (Parpol) yang ada di DPRD Kalteng dan disahkan secara resmi melalui rapat Paripurna serta diketahui langsung oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Intinya, tatib merupakan kesepakatan bersama yang bertujuan untuk memperlancar tugas dan fungsi legislatif, selama menjalani masa tugas yang diatur melalui PP nomor 12 tahun 2018 dan disahkan melalui Paripurna,” kata Freddy, saat dibincangi, usai memimpin rapat pembahasan, di gedung dewan, Kamis (12/9).


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga mengatakan, rapat pembahasan tatib ini merupakan pembahasan perdana pada periode 2019-2024 dan tatib tersebut masih harus melalui beberapa tahapan sebelum nantinya difinalisasi dan disahkan secara resmi.

“Pembahasan ini merupakan tahap pertama untuk tatib DPRD Kalteng periode 2019-2024 dan nantinya masih ada beberapa pembahasan lagi sebelum tatib ini difinalisasi dan disahkan melalui rapat Paripurna. Karena ada beberapa usulan dari seluruh parpol di DPRD terkait masukan maupun penambahan serta beberapa revisi dari pada isi dari tatib sebelumnya,” pungkas politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook