Komisi III DPRD Kalteng Kaji Banding ke Kotabaru

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 17 Juni 2021 07:10, Dibaca 136 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi pengelolaan sektor pariwisata oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi prioritas utama dalam program kerja Pemkab setempat. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Kuwu Senilawati saat dikonfirmasi di gedung dewan, Rabu (16/6/2021). Menurutnya, Pemkab Kotabaru menjadikan pariwisata sebagai prioritas pertama dalam program kerja daerah, mengingat sektor pariwisata merupakan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten  Kotabaru.

“Saat Komisi III melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kotabaru, Kalsel, kita diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat. Selama kunjungan, kita banyak sekali mendapat informasi dan pembelajaran terkait peningkatan PAD melalui sektor kepariwisataan, bahkan pariwisata menjadi prioritas nomor 1 dalam program kerja mereka,” ucapnya.

(Baca Juga : Hari Ini, Komposisi Fraksi dan Calon Pimpinan Dewan Diumumkan)


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, pengembangan sektor wisata di wilayah Kotabaru sangat berdampak positif bagi masyarakat setempat, khususnya peningkatan perekonomian masyarakat berbasis Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

“Banyak dampak positif yang diterima oleh masyarakat apabila potensi pariwisata mampu digali optimal oleh pemerintah. Hal inilah yang diterapkan pemerintah Kotabaru, mengingat salah satu sektor unggulan di sana yang utama adalah pariwisata. Bahkan di masa pandemi Covid-19 di sana sama sekali tidak mengalami peningkatan atau klaster baru walaupun tempat wisata tetap buka,” ujarnya.


Sistem pengembangan pariwisata yang diimplementasikan oleh Pemkab Kotabaru diharapkan bisa menjadi pembelajaran oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), mengingat Kalteng memiliki memiliki banyak potensi wisata yang mampu menambah PAD.

“Di Kalteng banyak potensi wisata yang bisa digali dalam rangka menambah PAD kita, sehingga implementasi pengembangan pariwisata seperti yang diterapkan oleh Pemkab Kotabaru bisa kita terapkan juga di Kalteng apabila Pemerintah kita berkomitmen untuk memajukan pariwisata secara optimal,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook