Kepala Badan Restorasi Gambut Lakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 28 Agustus 2019 09:36, Dibaca 896 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG-RI) Nazir Foead lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) pada hari senin-selasa, 26-27 Agustus 2019 dalam rangka peninjauan lokasi percontohan sawah gambut di Kecamatan Pandih Batu, Prov. Kalteng.

Adapun agenda Kunker Kepala BRG dan rombongan diantaranya, kunjungan ke PT. Naga Bhuana pabrik pengelolaan kayu sengon di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.

(Baca Juga : Dinas Kehutanan Kalteng Gelar Kegiatan Silaturahmi dan Tasyakuran Hari Bakti Rimbawan Tahun 2021)


Kemudian peninjauan lokasi kegiatan revitalisasi ekonomi tahun 2018 untuk budidaya penanaman sengon oleh Poktan Hapakat, Kelurahan Kalawa, Kabupaten Pulang Pisau. Poktan Hapakat merupakan salah satu Poktan yang menerima bantuan revitalisasi Ekonomi melalui Satker Dinas Lingkungan Hidup sebesar Rp. 100.000.000 dengan melakukan budidaya sengon seluas 5 Ha atau 5.500 bibit.

Selanjutnya kunjungan ke Demplot Sawah BRG di Desa Talio Hulu, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau untuk panen perdana jenis tanaman padi. BRG-RI merencanakan pembuatan demplot persawahan dengan Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) seluas 120 Ha selama 3 musim tanam, pada musim tanam pertama April-September pada kunjungan Kepala BRG-RI akan dilakukan panen perdana seluas 60 Ha.


Penanaman dilakukan oleh Poktan Karya Abadi, Rukun Tani, Usaha Jaya dan Margo Mulyo. Pada kesempatan ini juga dilakukan PLTB seluas 60 Ha untuk musim tanam Oktober-Maret.

Kepala BRG-RI  Nazir Foead setelah melakukan kunjungan ke lapangan akan melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Selatan melalui jalan darat.

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook