Masih ada Orang Tua Enggan Anaknya Divaksin MR

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 20 Agustus 2019 12:37, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Imunisasi pemberian vaksin Measles dan Rubela (MR) terus dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. Imunisasi MR menjadi program rutin yang dilakukan oleh puskesmas.

Salah satunya Puskesmas Jekan Raya. Bahkan puskesmas yang dipimpin dr Rizal Hutapea ini melakukan jemput bola dengan mendatangi setiap sekolah untuk menyuntik anak-anak.

(Baca Juga : 1.428 Pelajar Ikuti Pesantren Ramadhan)

Meski begitu standar operating prosedure (SOP) masih menjadi acuan petugas medis sebelum memberikan vaksinasi kepada anak-anak. Terlebih dahulu pihak puskesmas meminta persetujuan dari orang tua anak.

Cara ini menurut dr Rizal agar petugas tidak mendapat tuntutan setelah memberikan vaksin. Sebab sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat mengenai vaksin MR.

“Meski sudah dinyatakan aman, namun sampai saat ini masih banyak orang tua yang enggan anaknya diberikan vaksin,” kata dr Rizal, Minggu (18/8/2019).

Bagi petugas, keengganan para orang tua tidak menjadi soal. Prinsipnya petugas sudah melakukan tugasnya dan akan terus melakukan vaksinasi, karena sudah menjadi program rutin. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook