7 Fraksi Sepakati Pembahasan RAPBD-P 2019

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 15 Agustus 2019 07:23, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sebanyak tujuh fraksi pendukung DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan menerima dan menyepakati pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kalimantan Tengah (Kalteng) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Dearah (APBD) Kalteng Tahun Anggaran 2019.

Persetujuan ketujuh fraksi tersebut disampaikan melalui masing-masing juru bicaranya, yang disampaikan pada rapat Paripurna ke 11 masa persidangan II tahun sidang 2019, di gedung dewan, Rabu (14/8).

(Baca Juga : Tempatkan 70 Persen Tenaga Kerja Lokal di Program Food Estate)

Meski menyetujui pembahasan raperda APBD Perubahan tersebut, sejumlah fraksi juga menyampaikan beberapa catatan dan masukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

Salah satunya dari fraksi PDI Perjuangan, yang disampaikan Anggota DPRD Kalteng Ergan Tunjung. Menurut Ergan perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi adanya perkembangan tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran.

Kemudian keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja. Serta keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan.

“Disamping itu dengan tetap meperhatikan capaian target kinerja program dan kegiatan serta realisasi pelaksanaan APBD sampai dengan semester I 2019. Dengan berkurangnya pendapatan ini hendaknya menjadi perhatian serius pihak Pemda,” kata Ergan.

Kemudian pihaknya dari fraksi PDI Perjuangan mengharapkan adanya peningkatan kinerja dari jajaran SOPD yang berkaitan langsung dengan pendapatan daerah agar dapat terus ditingkatkan.

“Hal ini penting agar dengan sisa waktu yang ada, realisasi penerimaan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam APBD Perubahan 2019 dapat tercapai. Dan bila memungkinkan dapat melampaui target yang telah ditetapkan sebagaimana yang telah dicapai pada tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Usai penyampaian pemandangan umum fraksi pendukung DPRD Kalteng, agenda rapat Paripurna ke 12, yang dilangsungkan Rabu (14/8) malam, dijadwalkan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dijadwalkan akan memberikan jawaban atas pemandangan umum fraksi tersebut.

Sementara persetujuan fraksi Gerindra kemarin, disampaikan Mariyanim, kemudian fraksi Golkar disampaikan H Mh Rizal, fraksi Demokrat disampaikan Agung Sukma Ardiyanto, fraksi Nasdem disampaikan Lodewik C Iban, fraksi PAN disampaikan H Monte Carlo dan fraksi gabungan disampaikan Hj Putri Noor Hajah.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook