14 Agustus, 30 Anggota DPRD Terpilih Dilantik

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 09 Agustus 2019 07:31, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – 30 anggota DPRD Palangka Raya terpilih periode 2019 -2024, direncanakan akan dilantik pada 14 Agustus 2019 ini, di gedung DPRD Palangka Raya.

Rencana pelantikan para wakil rakyat Kota Cantik ini disampaikan langsung Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Palangka Raya, Sitti Masmah, Rabu (7/8/2019)

(Baca Juga : PDP Pulang Pisau, Selesai Pengawasan 1 Orang dan Bertambah 2 Orang)

Dikatakan, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD, maka pelantikan akan langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri.

“KPU juga sudah memberikan tembusan terkait penetapan partai dan anggota DPRD terpilih periode 2019  2024. Sekaligus  pengusulan pelantikan,” jelas Masmah.

Pelantikan itu sendiri lanjut Masmah, direncanakan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui bagian pemerintahan. Dengan begitu sinergitas antar lembaga akan selalu ada.

“Ketua DPRD Palangka Raya juga sudah bersurat ke walikota agar segera menindak  lanjuti pengusulan pelantikan ini ke pemerintah provinsi,” tambahnya.

Sementara itu terkait dengan  unsur pimpinan DPRD sementara pasca pelantikan nantinya, menurut Masmah, baru-baru ini Ketua DPRD Sigit K Yunianto juga telah menyurati dua partai pemenang Pileg, yaitu PDI Perjuangan dan Golkar.

“Sudah kita serahkan berkas dan suratnya, dan kemudian siapa pimpinan sementara akan diumumkan saat pelantikan,” tambahnya.

Masmah melanjutkan, dalam pelantikan nanti, setidaknya ada sekitar 800 udangan yang akan disebarkan pihaknya,  mulai dari jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, partai politik, organisasi kemasyarakatan dan lain sebagainya.

Selain itu pihak Sekwan juga telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk mengkoordinasikan dengan pihak terkait seperti kepolisian, Satpol PP maupun  Dinas Perhubungan.

“Rencananya gladi kotor akan dilaksanakan tanggal 12 Agustus dan 13 Agustus gladi bersih. Karena ini pesta rakyat, maka acara pelantikan ini akan lebih meriah dari pada paripurna biasanya,” bebernya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook