Sosialisasi dan Pendampingan Implementasi SiMAYA di Kantor Kecamatan Arsel

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 08 Juli 2020 21:27, Dibaca 623 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pada Selasa (7/7/2020) Kecamatan Arut Selatan (Arsel) melaksanakan kegiatan pendampingan implementasi Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA) bertempat di aula kantor Kecamatan Arut Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) nomor : 555/80/DKISP-II/II/2020 tanggal 17 Februari 2020 tentang Pemanfaatan Aplikasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya (SiMAYA).

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh kasi dan kasubbag di lingkup Kecamatan Arsel serta beberapa staf. Pendampingan dilakukan Kepala Bidang Pengelolaan Data Statistik dan Layanan E-government, Zeno Hendra Kurniawan dan Kasi Pengembangan Ekosistem E-government, Siswanto dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kobar.

(Baca Juga : Bupati Kobar Tinjau Vaksinasi Massal di Universitas Antakusuma)

Zeno menyampaikan bahwa SiMAYA merupakan aplikasi generik nasional yang dibangun oleh Kementerian Kominfo RI dan telah direkomendasikan penggunaannya melalui Surat Edaran Menpan-RB Nomor 5 Tahun 2013 tentang Penggunaan Aplikasi Simaya pada Instansi Pemerintah.

“SiMAYA merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan administrasi surat menyurat secara elektronik sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas serta tertib administrasi. Sesuai surat edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar diharapkan seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Kobar pada akhir tahun 2020 sudah dapat memanfaatkan aplikasi SiMAYA. Untuk itu dari Dinas Kominfo terus melakukan sosialisasi dan pendampingan SIMAYA ini,” kata Zeno.

Pada kegiatan tersebut para peserta selain memperoleh materi juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung aplikasi SiMAYA ini. Camat Arsel melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Gusti Basri menyampaikan bahwa menyambut baik kegiatan pendampingan ini dan berharap aplikasi SIMAYA dapat diterapkan di instansi serta mencakup kelurahan dan desa. 

“SiMAYA diharapkan dapat membantu administrasi perkantoran di lingkungan Kecamatan Arut Selatan supaya akses informasi bisa langsung direspon dengan cepat dan lebih menghemat waktu serta tenaga apabila surat yang sifatnya segera bisa langsung sampai ke tujuan,” ujar Gusti.

“Dan tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Diskominfo Kobar atas pendampingan aplikasi SiMAYA pada hari ini. Semoga pendampingan ini bermanfaat dan kami selaku kasi bisa memahami serta menerapkan dalam kegiatan kerja sehari-hari. Serta kami berharap untuk target selanjutnya SiMAYA ini dapat juga diterapkan di Kelurahan dan Desa,” pungkas Gusti. (kec-arsel)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook