Enam Raperda Selesai, Tunggu Evaluasi Gubernur

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 06 Agustus 2019 12:25, Dibaca 178 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Setelah melalui proses panjang dan alot, akhirnya Enam rancangan peraturan daerah (Raperda), baik raperda inisiatif eksekutif maupun legislatif di Palangka Raya, tuntas dibahas.

Keenam raperda itu selanjutnya bakal diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk dievaluasi oleh gubernur.  Hal tersebut terungkap pada paripurna  DPRD Palangka Raya, Senin (5/8/2019).

(Baca Juga : Penguatan Jemaat GKE Puruk Cahu Melalui Sidang Tahunan)

Paripurna dengan agenda penyampaian hasil pembahasan dan pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Palangka Raya,  tercatat beberapa perubahan, penambahan dan pengurangan dari ke enam raperda tersebut.

Seperti dibacakan, juru bicara Pansus I DPRD Palangka Raya At Prayer, dimana ia mengupas terkait Raperda tentang retribusi pelayanan pemakanan dan pengabuan mayat. Dimana menurutnya tertuang perubahan besaran tarif.

Terlihat pada pasal 9 ada perubahan tarif izin pelayanan pemakaman atau pengabuan.”Semisalkan tiap mayat bagi penduduk luar Kota Palangka Raya yang semula Rp250 ribu kini menjadi Rp.100 ribu,” jelasnya.

Selanjutnya sambung At Prayer, Raperda tentang sistem drainase perkotaan, dimana jelas dia, ada beberapa revisi atau evaluasi yang dilakukan seperti untuk judul berubah menjadi pengelolaan sistem drainase perkotaan Palangka Raya.

“Dalam raperda ini juga memuat sanksi berupa pidana kurungan enam bulan dan denda paling banyak Rp50 juta,” tegas At Prayer.

Dibagian yang sama juru bicara Bapemperda DRPD Palangka Raya, Siti Salhah pada paripurna itu berkesempatan membahas empat Raperda inisiatif, baik dari DPRD dan Pemko Palagka Raya yakni Raperda pertamanan, PAUD, DBD, dan keolahragaan.

“Subtansinya lebih pada penambahan dan pengurangan redaksionalnya saja. Intinya tidak ada permasalah pembahasan yang krusial,” pungkasnya.

Paripurna itu sendiri dipimpin Wakil Ketua I DPRD Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraeni, serta dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah, Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu serta jajaran OPD dan Forkopimda lingkup Pemko Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook