Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera di LPKA Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 02 Agustus 2019 14:27, Dibaca 522 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (02/08/19) Anak merupakan masa depan bangsa perlindungan dan pemenuhan hak anak seyogyanya dapat dinikmati seluruh anak tak terkecuali mereka yang berkonflik dengan hukum, anak yang berkonflik dengan hukum menjadi kelompok rentan yang sering kali tak terpenuhi haknya, Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera menjadi upaya untuk mempercepat revitalisasi penyelenggaraan Pemasyarakatan terkait perlakuan terhadap Anak yang berkonflik dengan hukum, bertepatan dengan Hari Anak Nasional ke-35, Hari Pramuka dan menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 seluruh anak didik pemasyarakatan (andikpas) di Indonesia secara serentak akan mengikuti Jambore Anak Sejahtera ini, Jumat (02/08/2019). Begitu halnya dengan andikpas di lingkungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya.

Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera ini dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, dan dihadiri juga oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari), Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Dan Keamanan (Arief Gunawan), Kepala Bidang Pembinaan, dan Bimbingan Dan Teknologi Informasi (Jevius Jizrell Siathen), Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kota Palangka Raya juga sebagai tuan rumah Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya (Mubasirudin) beserta pejabat struktural eselon IV dan V. Selain itu juga terdapat tamu undangan yang hadir dari Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Jekan Raya, Ketua Majelis Pembimbing Saka Widya Budaya Bhakti Pangkalan, BP PAUD dan DIKMAS Provinsi Kalimantan tengah, Ketua Pengelola Saka Widya Budaya Bhakti Pangkalan BP, PAUD dan DIKMAS Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua Kwartir Cabang Kota Palangka Raya, Ketua PKBM Darussa’adah, Ketua PKBI Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Palangka Raya dan Kepala Puskesmas Bukit Hindu Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Itjen Kemenkumham Laksanakan Entry Meeting Sebelum Dilakukan Audit Pengelolaan Keuangan)


Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal) mengatakan, Pelaksanaan kegiatan JAMPAS ini diharapkan juga mampu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa nasionalisme, sikap saling menghormati, dan menciptakan generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri, dan berbudi pekerti sehingga terbentuk Anak yang berkarakter. Momentum peringatan Hari Anak Nasional ini juga diharapkan mampu menggugah  kesadaran  masyarakat  dan  pemerintah  bahwa  Anak  di  LPKA  merupakan bagian dari anak-anak Indonesia yang harus dihormati, dihargai dan dijamin hak-haknya tanpa diskriminasi, dan dipenuhi segala hal yang terbaik untuk Anak dalam proses tumbuh kembangnya sehingga masyarakat dan pemerintah harus bersinergi dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak Anak, dalam rangka menghantarkan Anak menjadi generasi penerus keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara di masa datang.

Ia menuturkan Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera 2019 dilaksanakan berpusat di Lapas Anak Tangerang. Seluruh LPKA di Indonesia serentak melaksanakannya di lingkungan masing-masing.Kegiatan jambore ini diadakan dalam rangka revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.


“Selain kegiatan pramuka, ada penampilan Bela Diri “Pencak Silat Aliran Bangkui” yang akan ditunjukkan oleh andikpas LPKA Kelas II Palangka Raya pada upacara pembukaan jambore anak ini," sebut Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya (Mubasirudin).

Mubasirudin mengatakan seluruh andikpas LPKA Kelas II Palangka Raya akan ambil bagian pada kegiatan tersebut. Jumlah total andikpas saat ini sebanyak 21 orang. Pembina dari kegiatan pramuka ini dari Gugus Depan SMK Karsa Mulya Saka Widya Budaya Bhakti (Yakup Prito). Selama dua hari para andikpas akan mengikuti kegiatan kepramukaan tersebut. Pembukaannya digelar, Jumat pagi ini. Pada jam yang sama, seluruh LPKA di Indonesia juga menggelar kegiatan serupa.

Seluruh kelengkapan kegiatan juga telah dipersiapkan. "Termasuk pendirian tenda kemah sebanyak tiga unit. Sore kemarin jam 15.30 wib andikpas memasangnya. Tempatnya di halaman dalam," timpal Humas LPKA Kelas II Palangka Raya (Heru).

Para andikpas setempat samgat antusias. Di antaranya bahkan tak sabar menanti dimulainya Jambore Anak Sejahtera tersebut. Mereka pun sangat cekatan memajang tiga unit tenda kemah yang akan mereka huni selama 2 hari 1 malam. Cuma perlu waktu sekitar 20 menit mereka mendirikan tiga unit tenda kemah berukuran sedang.

Melalui hasil sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan LPKA Kelas II Palangka Raya, turut hadir perwakilan 1 orang andikpas yang telah melalui serangkaian tes untuk bisa mengikuti Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera di Tangerang bersama 1 orang petugas pendamping Kasi Pembinaan (Syahbudinoor). (Red-dok, Humas Kalteng, Aug ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook