Rapat Persiapan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 31 Juli 2019 07:30, Dibaca 322 kali.


MMCKalteng - Kuala Kapuas - Menindaklanjuti keputusan Bupati Kapuas nomor:261/TAPEM Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Kabupaten Kapuas melaksanakan rapat panitia persiapan peringatan. Adapun rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Panitia Pelaksana yang juga Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana yang juga Kabag Tata Pemerintahan Setda Kapuas Perry Noah, Selasa (30/7/2019) pagi di Aula Kantor Bupati Kapuas.

Darmawan menyampaikan pada rapat tersebut melaksanakan diskusi, koordinasi dan sinkronisasi secara operasional kegiatan atau tugas bidang pekerjaan masing-masing seksi sesuai kebijaksanaan atau pedoman pelaksanaan teknis untuk kemudian diusulkan menjadi program kegiatan. Ia berharap dengan adanya rapat ini masing-masing seksi dapat menyampaikan usulan program-program untuk nantinya dipilih menjadi skala prioritas. "Boleh mengusulkan apa saja yang inovatif ataupun terobosan-terobosan baru yang sesuai dengan anggaran yang ada, program yang diusulkan diharapkan terkumpul selambatnya pada tanggal 2 Agustus," ucapnya.

(Baca Juga : Dua Ratus IKM Pangan Terima Bantuan Bahan Baku Produksi)

Lebih lanjut, Darmawan mengungkapkan pada prinsipnya kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya memiliki perwujudan kegiatan yang meriah, sederhana, hikmat serta membangkitkan gairah partisipasi masyarakat terhadap pembangunan dan diusahakan dalam pelaksanaannya dengan memperhatikan batas-batas kemampuan dana atau pembiayaan sesuai dengan kondisi daerah.

Diketahui lebih rinci acara pokok kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggara antara lain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih kemudian Upacara Penurunan Bendera. Selain itu juga diadakan Upacara Ziarah, Apel Kehormatan, renungan suci, resepsi kenegaraan, ramah tamah dengan veteran purnawirawan angkatan 45, kegiatan olahraga, gerakan massal kebersihan lingkungan, hiburan/kesenian rakyat dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Pada kesempatan itu, diperdengarkan usulan program salah satunya dari seksi Dokumentasi dan Publikasi yang diketuai oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas H Suwarno Muriyat. Ia menjelaskan langkah awal yang dijalankan yaitu adanya pembuatan desain spanduk ucapan HUT. Kemudian disiarkan melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) mengenai kegiatan-kegiatan dan pemutaran lagu-lagu bertema kemerdekaan. Lalu akan dimunculkan di videotron mengenai ajakan untuk membangun partisipasi masyarakat. "Kami sudah persiapkan backdrop upacara dan spanduk pendukung lainnya, nantinya akan kami lakukan promosi melalui siaran keliling menggunakan mobil kominfo keliling kota. pada prinsipnya dengan anggaran terbatas kita bisa saling berkoordinasi dan bersinergi," imbuhnya.

Sebelumnya diketahui berdasarkan surat keputusan Menteri Sekretaris Negara Nomor: B-779/M.Sesneg/Set/TU.00.04/ 07/2019 untuk tema Peringatan HUT ke - 74 Kemerdekaan Republik Indonesia disempurnakan yang semula `Menuju Indonesia Unggul` menjadi `SDM Unggul Indonesia Maju`. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook