Siswa Dari Enam SMA Ikuti Lomba Debat Bahasa Indonesia

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 01 Juli 2019 10:17, Dibaca 498 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Para siswa dan siswi dari beberapa sekolah mengikuti lomba debat bahasa Indonesia tingkat Kota Palangka Raya.

Lomba yang diadakan di SMAN 3 Palangka Raya ini diikuti perwakilan dari enam SMA yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, dan SMA Kristen Palangka Raya.

(Baca Juga : Road Map Sebagai Gambaran Mengenai Pengembangan Komoditas Karet Di Gumas)

Meski hanya sedikit sekolah yang mengikuti, namun semangat para peserta mesti diapresiasi. Panitia menyampaikan rasa syukur atas partisipasi para peserta dan guru pendamping.

“Meski minim dana dan peserta, tapi kita bersyukur kegiatan ini bisa dilaksanakan meski terasa terlambat,” kata Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Palangka Raya, Jaya Kusuma, Sabtu (29/6/2019).

Mereka mengawali lomba debat dengan mengambil nomor urut tampil dan pasangan lawan serta mosi yang akan didebatkan. Setiap tim menjalani tiga kali debat dengan lawan dan mosi yang berbeda.

Begitu pula posisi sebagai tim pemerintah maupun tim oposisi pun bervariasi berdasarkan undian. Ada keseruan berbalut kepercayaan diri, berluap emosi, bergaya politisi, dan merangkai strategi.

Kalimat-kalimat meluncur tangkas dari para siswa pendebat. Pendek, panjang, beriring. Ada variasi, ada pengulangan. Sesekali ada letup interupsi yang tertolak, dan terterima.

Ada pemberitahuan waktu bicara masih ada. Ada tepukan penanda bicara mesti berganti. Maka aplaus pun menghentak ketika sesi diakhiri. Beberapa mosi atau topik menarik dicatat dan diperdebatkan.

Akhirnya, dalam lomba ini dewan juri memberikan nilai tertinggi kepada siswa SMAN 2 (6.780), kemudian SMAN 5 (6.685), SMAN 1 (6.310), SMA Kristen (6.185), SMAN 3 (6.155), dan SMAN 4 (5.980). (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook