Pembentukan Relawan TIK Kotawaringin Barat

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 05 Februari 2018 08:17, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Pertemuan pembentukan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kotawaringin Barat (Kobar) yang digagas dan dihadiri oleh para sukarelawan dan penggiat TIK di Kobar dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) Kabupaten Kobar, pada hari Sabtu (3/2).

RTIK Kobar ini menjadi mitra bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kobar dalam rangka pelaksanaan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kobar, khususnya dalam percepatan penerapan TIK di kecamatan dan desa. Selain itu RTIK Kobar akan turut serta membantu Pemda Kobar dalam menyukseskan program Kabupaten Kobar melek IT.

(Baca Juga : Wakil Bupati Hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Pendukung Dewan Terhadap 5 Buah Raperda)

David selaku Ketua RTIK Kobar yang terpilih berdasarkan suara terbanyak pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa peran Relawan TIK ini sangat penting untuk membina dan mendampingi desa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat agar melek IT, sehingga semua informasi yang dimiliki oleh desa dapat terekspos secara daring.

Tidak hanya itu saja, RTIK Kobar juga akan ikut berperan dalam membangun penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (e-government) di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sedangkan program kerja jangka pendek yang akan dilakukan oleh RTIK Kobar akan dibahas secara bersama-sama dalam waktu dekat ini, dengan melibatkan unsur pemerintah daerah, masyarakat dan penggiat IT di Kobar. “Dalam waktu dekat ini, RTIK Kobar akan mengadakan pertemuan kembali untuk membahas program kerja dan kegiatan RTIK di Kobar, dimana RTIK juga akan dibentuk di Kecamatan atau Desa,” terang David.

Dengan terbentuknya Formatur RTIK Kobar saat ini, diharapkan dapat menjadi jembatan antara Pemda Kobar dengan masyarakat dalam pengelolaan TIK di daerah. (Humas Kominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook