Berharap Tak Ada Lonjakan Harga Komoditas Pasca Lebaran

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 10 Juni 2019 08:44, Dibaca 171 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Sugianor berharap, selama perayaan lebaran hingga pasca lebaran tahun ini, tidak ada kenaikan harga yang berarti dari komoditas kebutuhan pokok masyarakat.

Mengapa demikian kata dia, sebab pasca perayaan hari besar keagamaan selama ini kerap terjadi kenaikan komoditas atau harga bahan pokok.

(Baca Juga : MTsN Murung Mengelar Perpisahan Siswa Kelas IX di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu)

“Jika ada kenaikan, tentu akan berpengaruh bagi masyarakat dengan pendapatan menengah kebawah,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, Jum’at (7/6/2019).

Sugianor mengaku khawatir jika lonjakan harga yang begitu drastis saat Ramadan hingga menjelang Idulfitri yang lalu, terus bertahan dalam waktu lama, sehingga masyarakat yang akan dirugikan.

“Kita minta para pelaku usaha untuk tak menimbun bahan kebutuhan pokok, karena hal itu disinyalir menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan harga tak terkendali,” tuturnya lagi.

Sugianor mengungkapkan, jika sesuai hukum pasar dimana apabila permintaan banyak namun ketersediaan bahan pokok sedikit, maka harga pasti akan meningkat.

Selebihnya ia mengungkapkan, jika peran pemerintah daerah bersama dengan tim satgas pangan diperlukan untuk mengawasi jalur distribusi kebutuhan pokok di pasaran, guna mengantisipasi hal-hal yang dapat pemicu kenaikan harga.

“Apabila menemukan pelanggaran oleh oknum tertentu, maka harus ada penindakan secara tegas. Sehingga pelanggaran itu tak terulang kembali,” tegasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook