BPBD Pulang Pisau Gelar Peningkatan Kapasitas Tim Penanggulangan Bencana

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 20 Mei 2019 20:21, Dibaca 236 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan peningkatan kapasitas tim penanggulangan bencana bagi relawan desa tangguh bencana (Destana) 2019, di Aula Mess Pemda Pulang Pisau,  Senin (20/5/2019).

"Kegiatan ini sebagai bentuk dari kelanjutan program subsiaga BNPB yang sebelumnya telah dilaksanakan, yang membentuk lima desa tanggap bencana di antaranya Desa Tumbang Nusa, Desa Tanjung Sangalang, Desa Garung, Desa Pilang dan Desa Tanjung Taruna" ujar Kepala BPBD Pulang Pisau Salahudin.

(Baca Juga : Pj Bupati Tinjau Persiapan Pilkada)

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan sebagai bentuk pengembangan. "Bagaimana dengan relawan yang berjumlah 25 orang perdesa ini kita latih dalam rangka meningkatkan kapasitas mereka, sehingga nantinya saat terjadi bencana mereka bisa melakukan peringatan dini" tutur dia.

Hal tersebut kata dia, mengingat wilayah kerja penanganan bencana di Pulang Pisau sangat luas, dengan 8 kecamatan yang letaknya lumayan jauh, sehingga apabila mengandalkan personel yang ada di BPBD saja maka akan lambat melakukan penanganan bencana.

"Oleh sebab itu melalui bidang kesiap siagaan kita mengembangkan bagaimana relawan Destana yang ada di 5 desa tersebut betul-betul bisa membantu dalam hal penanganan atau memberikan informasi tentang bencana sejak dini. Bencana yang berhubungan dengan debit air maupun kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Dia juga mengatakan, untuk Relawan Destana tersebut pada tahun 2016/2017 yang telah lalu telah mendapatkan bantuan mesin. "Termasuk di Desa Pilang, kita memiliki pos di sana," pungkas dia. (MC. Pulang Pisau/Kurniawan)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook