Kalteng Targetkan Pasar Pariwisata Internasional dengan Strategi Pemasaran dan Promosi

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 14 Mei 2019 23:19, Dibaca 871 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (29/03) Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional III Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika di Swis-Belhotel Danum Palangka Raya dengan narasumber Dr. Komang Mahawira, M.Hum dari Kementerian Pariwisata mewakili Asisten Deputi dan dihadiri oleh H. Iwan Kurniawan, S.H. dari Komisi X DPR RI.

Tujuan penyelenggaraan bimtek ini ialah untuk membahas mengenai pengembangan pariwisata Kalimantan Tengah dengan target pasar internasional khususnya Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika dengan strategi pendekatan produk dan pasar. Strategi tersebut terdiri dari strategi pemasaran yaitu Destination (destinasi), Origin (pasar mana yang disukai), dan Timeline (waktu liburan spesifik di negara yang dituju), strategi promosi yaitu Branding, Advertising, dan Selling, strategi media yaitu Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser, dan strategi waktu promosi yaitu Pre Event, On Event, dan Post Event.

(Baca Juga : Peserta Rakornis Pariwisata Seluruh Indonesia Mengunjungi objek Wisata TN Sebangau)

“Dalam grand marketing strategy, cara-cara yang ordinary harus dilakukan dengan cara extraordinary,” ujar Komang.

Strateginya ialah dengan memperhatikan incentive access (kerjasama dengan maskapai penerbangan), hot deals (kerjasama dengan penyedia hotel/travel/penerbangan saat low season) yang dipromosikan melalui gerai-gerai informasi wisata, media cetak, elektronik, dan daring, serta CDM (Competing Destination Model) melalui kampanye iklan secara daring.

Ia juga mengatakan bahwa persentase pariwisata yang popular ialah budaya 60%, alam 35%, 10% wisata khusus (buatan), dan minat 5%. Pariwisata Kalimantan Tengah akan berkembang dengan memperhatikan keunggulannya di bidang budaya.

Paparan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta yang terdiri dari perwakilan HPI Kalimantan Tengah, PHRI Kalimantan Tengah, GenPi Kalimantan Tengah, pegiat pariwisata (jasa perjalanan wisata dan penginapan) di Kota Palangka Raya, dan ASN Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalimantan Tengah dan Museum Balanga. (ann)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook