Upaya Kalteng Membangun Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 Februari 2020 13:52, Dibaca 162 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Kerja Daerah Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalimantan Tengah Tahun 2020 di Hotel Luwansa Palangka Raya Kamis (13/02/2020).


Rapat dibuka langsung oleh Asisten II Sekda Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah H. Nurul Edy atas nama Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kota se-Kalimantan Tengah serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

(Baca Juga : Potensi Wisata di Gosong Senggora)


Rapat kerja dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam mengembangkan tempat wisata yang berkelas Internasional dan unggulan di Provinsi Kalteng meliputi objek daya Tarik wisata alam, daya Tarik budaya dan daya Tarik minat khusus secara professional.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan dalam laporannya menyampaikan Kalteng pada Tahun 2019 yang lalu telah menoreh banyak prestasi baik di Bidang Kebudayaan, Kesenian dan Pariwisata yang akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.


Guntur  juga menuturkan pada Tahun 2020 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menetapkan 3 (tiga) Calender of Event (CoE) Kalimantan Tengah yakni FBIM (Festival Budaya Isen Mulang) di Palangka Raya, Festival Babukung di Kabupaten Lamandau dan Festival Tanjung Puting di Kabupaten Kotawaringin Barat.



Dengan banyaknya prestasi yang telah didapatkan, Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Nurul Edy menyampaikan, sangat mengapresiasi sejumlah prestasi yang telah diraih dalam Bidang Kebudayaan dan Pariwisata di Kalteng dengan meminta segenap pihak untuk terus mendukung upaya pengembangan Kepariwisataan serta mengambil langkah-langkah kongkrit apa yang harus dilakukan dalam mewujudkan pembangunan Kebudayaan, Pariwisata dan ekonomi kreatif.


“Saya selaku Gubernur Kalimantan Tengah menginstruksikan semua Kepala Dinas Kabupaten dan Kota untuk lebih menekuni dalam bekerja, koordinasi, sinkronisasi dan penguatan program serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan publik di bidang kepariwisataan pada tahun 2020 ini”, tegas orang nomor satu di Tambun Bungai.


Sugianto Sabran meminta agar dalam Rapat kerja tersebut, disusun Calender of Event dengan baik sehingga tidak ada overlapping terkait dengan  tiga Calender of Event Kalteng oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2020. Selain itu, Provinsi dan Kabupaten/ Kota kembali diminta juga untuk turut memperbanyak event dan festival kearifan lokal yang merupakan strategi untuk mendatangkan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan untuk datang ke Kalteng.


Dari berbagai banyaknya prestasi yang telah diraih di sektor kepariwisataan di Kalteng diharapkan bisa memberikan peningkatan kesejahteraan pada seluruh masyarakat di Kalteng.(WN/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook