Menjelang Ramadan dan Idul Fitri TPID Palangka Raya Gelar Rakor

Kontribusi dari Iin Carolina, 08 Mei 2019 13:03, Dibaca 524 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dalam rangka persiapan menghadapai Bulan Suci Ramadhan Pemko Palangka Raya melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5,5, Jumat ( 3/5/2015).

Secara umum gambaran inflasi kota Palangka Raya per April 2019 sebesar 0,32%, Kabupaten Kotawaringin Timur 0,66% dan Provinsi Kalimantan Tengah 0,44%. Faktor-faktor yang menyebabkan inflasi terhadap kebutuhan pokok, disebabkan, masih ketergantungan beberapa komoditi pangan yang berasal dari luar Kota Palangka Raya, Pengaruh iklim / cuaca yang menyebabkan distribusi terganggu terutama angkutan laut dari pulau Jawa, adanya kebijakan dari pemerintah pusat terhadap harga BBM, angkutan udara dan tarif dasar listrik. Serta pengaruf inflasi pada saat menjelang dan setelah hari besar keagamaan.

(Baca Juga : Pemkab Barito Utara Sampaikan Rancangan KUA Dan PPAS APBD Kabupaten Barito Utara T.A 2020)

Dalam rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Walikota, Renson menyampaikan, agar TPID menjalankan program-programnya, pemantauan harga pasar, menjaga ketersediaan stok dan kelancaran distribusi, melaksanakan operasi pasar dan pasar penyeimbang serta pemanfaatan kandang penjaga untuk menjaga kestabilan harga, serta membuat rencana aksi.

Rencana aksi tim pengendali inflasi daerah Kota Palangka Raya menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 adalah dengan melaksanakan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga sembako dan mengadakan pasar penyeimbang di Jalan AIS Nasution dalam rangka membantu warga masyarakat yang berpenghasilan ekonomi rendah. (MC. Isen Mulang)

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook